Indratno, Suranto Isnur, B2B214001 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TERHADAP SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PROJECT BASED KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SISWA MATERI BANGUN RUAN. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Percaya diri, Keaktifan, Berpikir Kritis, Project Based Learning Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika, sehingga nilai rata-rata ulangan matematika materi bangun ruang adalah 67, dengan ketuntasan klasikal 62 %. Keaktifan dan percaya diri siswa di dalam pembelajaran matematika masih kurang. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning efektif dengan kriteria ketuntasan tercapai, terdapat pengaruh percaya diri dan keaktifan, dan terdapat beda rata-rata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keaktifan dan percaya diri, sedangkan variabel terikat penelitian adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dengan sampel kelas VIII A, VIII B dan VIII C. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model Project Based Learning mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal. Rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa mencapai 85,26. Presentase ketuntasan 94% atau sebanyak 29 siswa dari 31 siswa sudah mencapai ketuntasan kemampuan berfikir kritis. Adanya pengaruh percaya diri dan keaktifan terhadap kemampuan berfikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sebesar 97,7%. Terdapat perbedaan ratarata kemampuan berfikir kritis antara kelas yang menerapkan model Project Based Learning dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Nilai rata- rata kemampuan berfikir kritis kelas eksperimen sebesar 85,26 dan kelas kontrol sebesar 74,19. Diharapkan guru dapat menjadikan model pembelajaran Project Based Learning sebagai alternatif pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan sikap percaya diri, keaktifan, serta berfikir kritis siswa pada materi lain
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 012/Matematika/X/2018 |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 07:14 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 07:14 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
View Item |