PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA PROGRAM APLIKASI “CHEMISTRY LABORATORY” BERBASIS PEMROGRAMAN MACROMEDIA FLASH PADA TEKNIK DASAR LABORATORIUM

Kurniawan, Ade, B2C014011 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA PROGRAM APLIKASI “CHEMISTRY LABORATORY” BERBASIS PEMROGRAMAN MACROMEDIA FLASH PADA TEKNIK DASAR LABORATORIUM. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Media teknologi yang digunakan saat ini menyatakan pandangan positif terhadap TIK. Populernya media pembelajaran berbasis teknologi komunikasi saat ini digunakan untuk meningkatkan kreativitas para pendidik, salah satunya yaitu pendidik kimia. Sebagai seorang pendidik kimia, tidak hanya dibutuhkan keterampilan menguasai materi, namun dibutuhkan juga keterampilan mengelola dan mengerti tentang laboratorium kimia secara keseluruhan, yang terangkum dalam mata kuliah Manajemen laboratorium. Berdasarkan wawancara mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang, mahasiswa memiliki kemampuan dan penguasaan laboratorium yang berbeda-beda maka diperlukan media pembelajaran yang meningkatkan kemampuan mahasiswa. Hal ini yang menjadi latar belakang peneliti mengembangkan Program Aplikasi “Chemistry Laboratory” Berbasis Pemrograman macromedia Flash pada Teknik Dasar Laboratorium. Jenis Penelitian ini adalah R&D dengan model penelitian 4D. Model ini terdiri dari empat tahap, namun dalam penelitian ini hanya tiga tahap yaitu Define, Design, dan Development. Define terdiri dari analisis kegiatan belajar peserta didik dan mata kuliah, tahap Design terdiri atas pengumpulan kajian materi, perancangan serta pembuatan video pembelajaran, dan perancangan aplikasi chemistry laboratory, tahap Development terdiri atas validasi media pembelajaran, kualitas aspek kriteria penilaian ahli media, dan kualitas aspek kriteria penilaian ahli materi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Define, produk yang disesuaikan dengan analisis kegiatan belajar peserta didik dan mata kuliah, maka produk yang dikembangkan adalah Aplikasi “Chemistry Laboratory” berbasis Pemrograman macromedia Flash pada pada mata kuliah Teknik Dasar Laboratorium; 2) Design, tahap ini menghasilkan kajian materi dan video pembelajaran serta prototype Aplikasi “Chemistry Laboratory”. 3) Development, tahap ini terdiri dari validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi 3 ahli materi nilai rata-rata 70,7 dengan hasil konversi 3,9, dan 3 ahli media nilai rata-rata 76 dengan hasil konversi 4, secara keseluruhan kategori kualitas media ini Baik. setelah divalidasi media ini diuji cobakan terbatas pada mahasiswa kimia semester V, III, dan I. Hasil uji coba mendapatkan nilai rata-rata 75,4 dengan hasil konversi 4,4 kualitasnya Sangat baik, kemudian terdapat uji keterlaksaan dan kepraktisan media yang dilakukan ke Dosen mata kuliah manajemen laboratorium hasil rata-rata 61,5 hasil konversi 3,8 kategori Baik. Jadi, media Aplikasi “Chemistry Laboratory” Baik digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen laboratorium. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, Labratorium

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 005/KIMIA/X/2018
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2202

Actions (login required)

View Item View Item