KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN ROLE PLAYING PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Aviana, Ria, B2C013005 (2018) KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN ROLE PLAYING PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Hasil belajar, make a match, role playing Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa pada materi Struktur Atom antara yang menggunakan model make a match dengan model role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen komparatif dengan menggunakan pre testpost test comparisons groups design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa sebanyak tujuh kelas X MIPA semester gasal tahun ajaran 2018/2019 SMA N 1 Pekalongan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Sampel kelas yang digunakan sebagai kelompok eksperimen I dengan model make a match yaitu kelas X MIPA 2 dan kelas yang digunakan sebagai kelompok eksperimen II dengan model role playing yaitu kelas X MIPA 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, pada data akhir dilakukan uji hipotesis antara lain: (1) Uji kesamaan varian; (2) Uji beda dua rata-rata; (3) Uji ketuntasan belajar; (4) Perbandingan model pembelajaran yang lebih baik. Analisis hasil belajar siswa menggunakan teknik Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil belajar kognitif siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran role playing lebih tinggi daripada siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata kognitif 78,5186 dan kelas eksperimen II memiliki nilai rata-rata kognitif 81,7151.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 009/Kimia/X/2018
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:05
Last Modified: 13 Dec 2018 04:05
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item