HUBUNGAN KESESUAIAN ANGGOTA TUBUH TERHADAP ALAT KERJA (SEPEDA MOTOR) DAN BEBAN KERJA DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PENGEMUDI SEPEDA MOTOR ( Studi pada Pengemudi Ojek Kelurahan Kedungmundu Kabupaten Semarang)

Subkhi, Imam, A2A214101 (2017) HUBUNGAN KESESUAIAN ANGGOTA TUBUH TERHADAP ALAT KERJA (SEPEDA MOTOR) DAN BEBAN KERJA DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PENGEMUDI SEPEDA MOTOR ( Studi pada Pengemudi Ojek Kelurahan Kedungmundu Kabupaten Semarang). Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIMUS" not defined].

[img]
Preview
Text
halaman depan1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka1.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Latar belakang:Interaksi dari berbagai faktor, yaitu faktor manusia (kelelahan), faktor kendaraan (desain dan ukuran kendaraan yang tidak sesuai dengan pengendara), faktor lingkungan, beban kerja fisik yang tidak sesuai, dapat berdampak buruk pada kesehatan pekerja. Tujuan penelitian ini mengetahuihubungan kesesuaian anggota tubuh terhadap alat kerja (sepeda motor) dan beban kerja dengan kelelahan subyektif pada pengemudi sepeda motorMetode: Jenis penelitian ini yang digunakanexplanatory researchdengan pendekatan cross sectional. Variabel bebas yaitu kesesuaian anggota tubuh tubuh terhadap alat kerja sepeda motor dan beban kerja, variabel terikat adalah kelelahan subyektif. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan besar sampel adalah 39 responden. Kesesuaian anggota tubuh terhadap alat kerja sepeda motor diperoleh menggunakan instrumen meteran. Beban keja diperoleh menggunakan alat bantu stopwatch. Kelelahan subyektif diperoleh menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Chi-squaredengantingkat kemaknaan 0,5 %.Hasil: Sebagian besar anggota tubuh pengemudi sesuai dengan alat kerja (sepeda motor) (56,4%), beban kerjase bagian besar Sedang(48,7%), Kelelahan Subyektif sebagian besarlelah(43,6%). Kesimpulan: terdapat hubungan antara kesesuaian anggota tubuh terhadap alat kerja (sepeda motor) dengan kelelahan subyektif dan terdapat hubungan beban kerja dengan kelelahan subyektif Kata kunci: Dimensi tubuh dengan alat kerja, beban kerja dan kelelahan subyektif

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Public Health > S1 Public Health
Depositing User: putir prakasita bawono
Date Deposited: 26 Apr 2017 08:49
Last Modified: 26 Apr 2017 08:49
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item