APLIKASI MUSIK KLASIK TERHADAP KONSENTRASI DALAM BELAJAR ANAK PAUD ROSELLA DI GROBOGAN

Widiyono, Tur, GOA517053 (2018) APLIKASI MUSIK KLASIK TERHADAP KONSENTRASI DALAM BELAJAR ANAK PAUD ROSELLA DI GROBOGAN. Diploma III thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Musik klasik mempunyai keindahan intlektual yang tinggi.Mendengarkan musik klasik yang indah dan berirama teratur dapat membuat jiwa lebih tenang dan rilek sehingga dapat meningkatkan daya tahan konsentrasi. Anak mengalami peningkatan tumbuh kembang pada usia dini, yaitu 0-5 tahun.. Stimulus yang adekuat sangat dibutuhkan untuk membantu anak mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Salah satu stimulus yang dapat diberikan pada anak adalah dengan menggunakan aplikasi musik klasik. Anak-anak akan lebih mudah memberi respon terhadap musik yang di dengarkan, bahkan responnya relative spontan dan anak cenderung bebas menggerakkan anggota tubuhnya. Aktivitas motorik ini merangsang pertumbuhan anak, khususnya pada awal masa perkembangan. Irama musik klasik yang didengar pada awal kehidupan akan menjadi irama musik yang sangat bermakna dalam kehidupan selanjutnya. Irama musik klasik tertentu akan mempengaruhi jiwa dan fisik mereka, sehingga mnciptakan ketenangan dan meningkatkan daya konsentrasi . Tujuan studi kasus ini untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik terhadap konsentrasi belajar anak dan perkembangan kognitif,afektif psykomotorik pada anak usia pra-sekolah di TK Rosella Grobogan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi langsung dengan partisipasi guru dan orangtua anak. Hasil studi kasus ini menunjukkan ada perubahan perkembangan kognitif,afektif dan psykomotor pada anak usia pra-sekolah sebelum dan sesudah diberikan terapi musik klasik pengiring belajar di TK Rosella Grobogan. Kata Kunci: Anak, Perkembangan kognitif, Terapi Musik.

Item Type: Thesis (Diploma III)
Call Number: 029/D3.Kep/I/2019
Contributors Thesis: 1. Amin Samiasih, S.Kep., M.Si.Med 2. Dr. Ns. Vivi Yosafianti Pohan, S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > D3 Nursing
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item