EVALUASI DISKUSI TUTORIAL PBL BLOK KURATIF DAN REHABILITATIF 3 DI PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018

CAUSTINA, AJENG NARITA, J2A014009 (2018) EVALUASI DISKUSI TUTORIAL PBL BLOK KURATIF DAN REHABILITATIF 3 DI PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
12. abstrak.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
18. BAB V.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Student-centered learning (SCL) adalah suatu model pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat dari proses belajar. Konteks metode pembelajaran SCL terdiri dari tiga belas ragam metode, salah satunya adalah Problem Based Learning (PBL). Tutorial merupakan elemen utama dalam pelaksanaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL dibangun atas empat prinsip yang mendasar yaitu pembelajaran secara konstrutif, mandiri, kolaboratif, dan kontekstual. Dua aspek utama dalam perspektif dalam pembelajaran kolaboratif adalah aspek kognitif dan motivasi. Tujuan: Mengevaluasi diskusi tutorial PBL di FKG Unimus. Metode: Penelitian evaluative dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa FKG Unimus. Sampel penelitian adalah mahasiswa FKG Unimus yang mengikuti blok Kuratif dan Rehabilitatif 3. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menjawab 19 butir pernyataan, yang dilakukan pada bulan Juni 2018. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis menggunakan tabel tafsiran skor. Hasil: Rata-rata responden menilai baik secara keseluruhan evaluasi diskusi tutorial PBL blok Kuratif dan Rehabilitatif 3 di Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan total skor sebanyak 65,56. Kesimpulan: Evaluasi Diskusi Tutorial di FKG Unimus mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu. Kata kunci: Evaluasi, Diskusi Tutorial PBL, FKG Unimus

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 035/FKG/X/2018
Contributors Thesis: 1.drg. Bawa Adiwinarno, M.Med.Ed. 2.drg. Budiono, M.Pd.,
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Faculty of Dentistry > S1 Dentistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item