CAUSTINA, AJENG NARITA, J2A014009 (2018) EVALUASI DISKUSI TUTORIAL PBL BLOK KURATIF DAN REHABILITATIF 3 DI PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
12. abstrak.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (804kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) | Request a copy |
||
Text
17 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) | Request a copy |
||
|
Text
18. BAB V.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
19. Daftar Pustaka.pdf Download (737kB) | Preview |
Abstract
Pendahuluan: Student-centered learning (SCL) adalah suatu model pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat dari proses belajar. Konteks metode pembelajaran SCL terdiri dari tiga belas ragam metode, salah satunya adalah Problem Based Learning (PBL). Tutorial merupakan elemen utama dalam pelaksanaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL dibangun atas empat prinsip yang mendasar yaitu pembelajaran secara konstrutif, mandiri, kolaboratif, dan kontekstual. Dua aspek utama dalam perspektif dalam pembelajaran kolaboratif adalah aspek kognitif dan motivasi. Tujuan: Mengevaluasi diskusi tutorial PBL di FKG Unimus. Metode: Penelitian evaluative dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa FKG Unimus. Sampel penelitian adalah mahasiswa FKG Unimus yang mengikuti blok Kuratif dan Rehabilitatif 3. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menjawab 19 butir pernyataan, yang dilakukan pada bulan Juni 2018. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis menggunakan tabel tafsiran skor. Hasil: Rata-rata responden menilai baik secara keseluruhan evaluasi diskusi tutorial PBL blok Kuratif dan Rehabilitatif 3 di Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan total skor sebanyak 65,56. Kesimpulan: Evaluasi Diskusi Tutorial di FKG Unimus mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu. Kata kunci: Evaluasi, Diskusi Tutorial PBL, FKG Unimus
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 035/FKG/X/2018 |
Contributors Thesis: | 1.drg. Bawa Adiwinarno, M.Med.Ed. 2.drg. Budiono, M.Pd., |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Faculty of Dentistry > S1 Dentistry |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3005 |
Actions (login required)
View Item |