Salimah, Icha Nur, G1C217155 (2018) TINGKAT KEPUASAN PASIEN PROLANIS DIABETES MELLITUS (DM) TIPE 2 TERHADAP PELAYANAN PEMERIKSAAN KADAR GULA DARAH DI PUSKESMAS PULO KULON II. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
Manuscript.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Rev Fin.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (563kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (498kB) | Preview |
Abstract
Penyakit kronis merupakan permasalahan kesehatan serius dan menjadi penyebab kematian terbesar di dunia, sehingga di setiap Pusat Kesehatan Masyarakat mempunyai Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), salah satunya di Puskesmas Pulo Kulon II. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan belum pernah dilakukan evaluasi kepuasan pelayanan Prolanis serta belum mempunyai buku komplain maupun saran untuk pasien. Kepuasan pasien sangat penting bagi lembaga kesehatan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien Prolanis DM tipe 2 terhadap pelayanan pemeriksaan kadar gula darah di Puskesmas Pulo Kulon II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dan sampel adalah pasien Prolanis DM tipe 2 di Puskesmas Pulo Kulon II sebanyak 43 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik NonprobabilitySampling dengan metode Purposive Sampling. Data penelitian dilakukan uji statistik menggunakan uji korelasi Kendal Tau dengan batas nilai alpha 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien Prolanis DM tipe 2 terhadap pelayanan pemeriksaan kadar gula darah di Puskesmas Pulo Kulon II adalah Puas 83,7%, cukup puas 11,6% dan sangat puas 4,7%. Hasil Uji statistik diperoleh nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05 dengan nilai r = 0,754. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kepuasan pasien Prolanis dengan pelayanan pemeriksaan kadar gula darah. Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Pemeriksaan, Prolanis
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 052/D4.ana/I/2019 |
Contributors Thesis: | 1. Dr. Tri Hartiti,S.KM.M.Kep 2. Umi Amalia,SE.M.Kom |
Subjects: | R Medicine > Health Analyst |
Divisions: | Faculty of Nursing and Health > D4 Health Analyst |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 04:10 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 04:10 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3028 |
Actions (login required)
View Item |