PENGARUH TEKANAN GAS OKSIGEN FLAME SPRAY MENGGUNAKAN METODE THERMAL BARRIER COATING DARI MATERIAL HYDROXYAPATITE PADA MATERIAL PISTON HIJET 1000 TERHADAP DIFUSI DAN KONDUKTIVITAS THERMAL

TRISMIANTO, DEVOUT PRAKOSO, C2A215005 (2018) PENGARUH TEKANAN GAS OKSIGEN FLAME SPRAY MENGGUNAKAN METODE THERMAL BARRIER COATING DARI MATERIAL HYDROXYAPATITE PADA MATERIAL PISTON HIJET 1000 TERHADAP DIFUSI DAN KONDUKTIVITAS THERMAL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (979kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Keausan pada piston dikarenakan kondisi kerja piston yang bekerja menahan suhu yang tinggi, tekanan yang besar dan gaya gesek secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama,sehingga piston mengalami keausan. Salah satu upaya untuk memperkuat piston yang dilakukan yaitu dengan pelapisan Thermal Barrier Coating. Teknik pelapisan dengan metode thermal barrier coating banyak digunakan didunia penerbangan khususnya untuk pembuatan turbin. Pada penelitian ini, hydroxyapatite telah berhasil dilapiskan pada permukaan substrat piston menggunakan metode thermal barrier coating dengan alat flame spray. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan terhadap thermal dengan melakukan pelapisan hydroxyapatite yang menggunakan metode flame spray dengan variasi tekanan gas oksigen. Variasi tekanan gas oksigen yang digunakan adalah 4 bar, 5 bar, 6 bar. Untuk melihat karakteristik dan sifat mekanik dilakukan pengujian Scanning electron microscope (SEM) untuk melihat struktur permukaan lapisan, mikroskop makro untuk melihat penampang samping, uji kerekatan untuk mengetahui tingkat kerekatan lapisan dan uji konduktifitas thermal untuk mengetahui sejauh mana lapisan mampu menahan suhu. Hasil pengujian menunjukkan pelapisan dengan tekanan gas oksigen 6 bar mempunyai struktur mikro yang lebih homogen, tidak terlihat porous, difusi secara merata, memiliki nilai kerekatan yang lebih baik yaitu 4B dengan presentase 4% dan sedangkan untuk uji konduktivitas thermal bahan, didapat nilai konduktivitas thermal dari hydroxyapatite sebesar, KHA = 0,295 cal/msK . Kata kunci : Piston, Hydroxyapatite, Flame Spray , Tekanan Gas. ABSTRACT Wear on the piston due to the working conditions of the piston which works to withstand high temperatures, large pressures and frictional forces continuously for a long time, so that the piston experiences wear. One of the efforts to strengthen the piston that is done is by coating Thermal Barrier Coating. Coating techniques with thermal barrier coating methods are widely used in the aviation world especially for the manufacture of turbines. In this study, hydroxyapatite has been successfully coated on the surface of the piston substrate using a thermal barrier coating method with a flame spray tool. This study aims to improve thermal resistance by applying hydroxyapatite coating using flame spray method with variations in oxygen gas pressure. The variations of oxygen gas pressure used are 4 bars, 5 bars, 6 bars. To see the characteristics and mechanical properties, a Scanning electron microscope (SEM) test was used to see the surface structure of the layer, a macro microscope to see the side cross section, a density test to determine the level of coating adhesion and a thermal conductivity test to determine the extent to which the layer is able to withstand temperature. The test results show that the 6 bar oxygen gas coating has a more homogeneous microstructure, does not look porous, diffuses evenly, has a better adhesion value which is 4B with a percentage of 4% and while for the thermal conductivity test, the thermal conductivity values obtained from hydroxyapatite is equal to, KHA = 0.295 cal/msK. Keywords: Piston, Hydroxyapatite, Flame Spray, Gas Pressure.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors Thesis: 1. Drs Samsudi Rahardjo, ST,MT, MM 2. Solechan, ST, MT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > S1 Mechanical Engineering
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3127

Actions (login required)

View Item View Item