Kariza, Dea Avrilda, B2C216001 (2019) PENGEMBANGAN MEDIAPEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ALAT PERAGA TAMASYA (TATA NAMA SENYAWA) SEBAGAI PENDUKUNG MATERI PENAMAAN SENYAWA POLIATOMIK. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
Abstrak.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (667kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu masalah yang mengakar dan sulit diubah dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran masih terpusat pada tenaga pendidik sebagai sumber belajar. Hal ini melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian untuk mengukur kelayakan produk yang nantinya akan digunakan peserta didik yang sebelumnya telah diuji oleh beberapa ahli guna mengembangkan produk alat peraga berupa seperangkat alat untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam pada materi tata nama senyawa, khususnya senyawa poliatomik. Penelitian ini berbentuk penelitian pengembangan (research and development) yang telah dimodifikasi dari Sugiyono dengan lngkah-langkah yang dilaksanakan yaitu: 1.) potensi dan masalah, 2.) pengumpulan data, 3.) desain produk 4.) validasi desain, 5.). revisi desain, 6.) uji coba produk, 7.) revisi produk diukur berdasarkan hasil uji validasi dua ahli media dan dua ahli materi, 8) Uji Coba ke II. Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan produk yang dikembangkan adalah berupa Alat Peraga Tamasya (Tata Nama Senyawa) Poliatomik yang di dalamnya memuat seperangkat alat untuk memudahkan pemahaman materi senyawa poliatomik. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketertarikan dan kelayakan produk alat peraga „tamasya” dengan hasil validasi jumlah total skor rata-rata kedua ahli media sebesar 79% (layak dan tidak perlu direvisi) dan untuk kedua ahli materi menghasilkan jumlah total skor rata-rata 89,38% (sangat layak dan tidak perlu direvisi). Sedangkan untuk uji coba terbatas yang dilakukan oleh 12 siswa mendapatkan hasil jumlah total skor rata-rata sebesar 85,83% (sangat setuju/tertarik dan tidak perlu revisi). Mayoritas peserta didik berpendapat belajar lebih menyenangkan karena mereka dapat bertukar pikiran dengan anggota kelompoknya. Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran,tata nama senyawa
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 007/Pend.Kimia/I/2020 |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 06:51 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 06:51 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3606 |
Actions (login required)
View Item |