EFEKTIVITAS METODE KANCING GEMERINCING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINIER

Nisak, Jao Harotun, B2B014005 (2019) EFEKTIVITAS METODE KANCING GEMERINCING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINIER. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANUSCRIPT.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 yang diterapkan di SMA Institut Indonesia Semarang menuntut agar peserta didik mampu aktif dalam pembelajaran, tetapi pada kenyataannya peserta didik dulunya dibimbing oleh guru saat belajar, sehingga keaktifan peserta didik lemah. Rasa ingin tahu juga masih lemah, sehingga mendorong rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kancing gemerincing berbasis problem based learning efektif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan populasi semua kelas XI. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kemampuan pemecahan masalah, rasa ingin tahu dan keaktifan. Metode pengumpulan data dalam bentuk wawancara, dokumentasi, tes, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mencapai penguasaan dengan nilai rata-rata 73,77 dan ketuntasan klasikal 68,79%. Selain itu, uji pengaruh menunjukkan pengaruh rasa ingin tahu dan independensi 61,3%. Hasil uji beda rata-rata menunjukkan bahwa kelas eksperimen 73,77, dan kelas kontrol 68,79. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kancing gemerincing berbasis problem based learning untuk mempengaruhi rasa ingin tahu dan keaktifan pada materi Program Linier kelas XI efektif. Kata Kunci : Kancing Gemerincing, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 001/P.Matematika/I/2020
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item