Nisak, Jao Harotun, B2B014005 (2019) EFEKTIVITAS METODE KANCING GEMERINCING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINIER. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (697kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (969kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Download (659kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 yang diterapkan di SMA Institut Indonesia Semarang menuntut agar peserta didik mampu aktif dalam pembelajaran, tetapi pada kenyataannya peserta didik dulunya dibimbing oleh guru saat belajar, sehingga keaktifan peserta didik lemah. Rasa ingin tahu juga masih lemah, sehingga mendorong rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kancing gemerincing berbasis problem based learning efektif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan populasi semua kelas XI. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kemampuan pemecahan masalah, rasa ingin tahu dan keaktifan. Metode pengumpulan data dalam bentuk wawancara, dokumentasi, tes, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mencapai penguasaan dengan nilai rata-rata 73,77 dan ketuntasan klasikal 68,79%. Selain itu, uji pengaruh menunjukkan pengaruh rasa ingin tahu dan independensi 61,3%. Hasil uji beda rata-rata menunjukkan bahwa kelas eksperimen 73,77, dan kelas kontrol 68,79. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kancing gemerincing berbasis problem based learning untuk mempengaruhi rasa ingin tahu dan keaktifan pada materi Program Linier kelas XI efektif. Kata Kunci : Kancing Gemerincing, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 001/P.Matematika/I/2020 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3613 |
Actions (login required)
View Item |