IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

INAYAH, LAILI, B2C014012 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Project Based Learning, Chemoentrepreneurship, Minat Wirausaha Perkembangan dan kemajuan IPTEK yang semakin pesat memberikan dampak sulitnya mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian / tingkat pendidikan. Kondisi yang seperti ini menuntut dunia pendidikan untuk dapat berperan aktif menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menghadapi tuntutan jaman. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang berorientasi pada pembentukan minat wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat wirausaha siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang dilakukan pada kelas XI IPA di MA Mir’atul Muslimien Grobogan tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian berjumlah 16 siswa. Data yang digunakan adalah data angket minat wirausaha siswa, data wawancara respon siswa terhadap pembelajaran dan data observasi pembelajaran. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP). Nilai rata-rata dari tiga pertemuan yang telah dilakukan sebesar 71,45% yang berada pada kategori direkomendasikan untuk digunakan. Praktik nyata pada penjualan produk dapat memberikan pengalaman kepada siswa sebagai modal untuk siap berwirausaha di masa depan. Selain itu juga dengan adanya praktik pembuatan dan pemasaran produk dapat memberikan gambaran nyata kepada siswa mengenai cara-cara berwirausaha, hambatan dalam berwirausaha, serta tentang tata cara dalam menghadapi konsumen. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Chemoentrepreneurship dapat meningkatkan minat wirausaha siswa dan direkomendasikan untuk digunakan dalam meningkatkan minat wirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 002/Pend.Kimia/I/20
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3763

Actions (login required)

View Item View Item