Rachmanda, Naufal Ardi, J2A015041 (2019) HUBUNGAN ANTARA KINERJA DAN SIKAP PETUGAS POLI GIGI DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA ERA JKN DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Download (687kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pendahuluan: RSUD Panembahan Senopati merupakan rumah sakit rujukan. Dalam Program pemerintah berupa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagian besar masyarakat yang berobat ke RSUD Panembahan Senopati sudah memiliki jaminan kesehatan. Belum efektifnya sistem rujukan di Indonesia, berdampak pada penumpukan pasien di fasilitas kesehatan lanjutan, sehingga menurunnya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Indikator utama mengetahui standar rumah sakit adalah kepuasan pasien terhadap pelayanan dari rumah sakit tersebut. Berbagai fakta menunjukkan adanya masalah serius dalam mutu pelayanan kesehatan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena belum adanya sistem pengendali mutu terbaik yang dapat diterapkan. Tujuan penelitian: Mengetahui tingkat kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan petugas poli gigi di RSUD Panembahan Senopati. Metode Penelitian: Observasional yang bersifat deskriptif analitik dengan rancangan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Sampel diambil menggunakan teknik Accidental Sampling sebanyak 86 responden. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner terdiri dari 14 item pertanyaan terstruktur berdasarkan kinerja dan sikap petugas poli gigi. Analisis data menggunakan uji Chi-Square yang dilanjutkan menggunakan uji regresi logistik. Hasil Penelitian: Dari hasil analisis multivariate, nilai P kinerja 0,035 signifikan dan mempunyai peluang lebih besar sebanyak 10,588 kali dibandingkan dengan kinerja yang tidak sesuai. Nilai P sikap 0,023 signifikan dan mempunyai peluang 4,315 kali dibandingkan sikap yang tidak mencakup 3 komponen. Faktor yang berhubungan dengan kepuasan meliputi kecerdasan, keterampilan. kestabilan emosi, sifat-sifat seseorang meliputi sikap, sifat pribadi, sifat fisik, keinginan dan motivasi. Simpulan: Terdapat hubungan antara kinerja dan sikap petugas poli gigi bahwa kinerja merupakan variabel X yang lebih berpengaruh dengan nilai P = 0,035 dibandingkan dengan sikap dengan nilai P = 0,023 terhadap variabel Y tentang kepuasan pasien poli gigi. Kata kunci : Kepuasan Pasien, Kinerja Petugas, Sikap Petugas.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 029/S1.FKG/XII/2019 |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Faculty of Dentistry > S1 Dentistry |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 02:12 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 02:12 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3966 |
Actions (login required)
View Item |