HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Noorfadhila, Hinggadita Adjeng, J2A015031 (2019) HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Hinggadita.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendahuluan: upaya meningkatkan mutu pelayanan, rumah sakit wajib melakukan akreditasi secara berkala. RSGM Unimus merupakan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi. Data kunjungan pasien RSGM Unimus mengalami fluktuasi pada tahun 2018. Kepuasan pasien terhadap dimensi kualitas pelayanan merupakan perbandingan antara persepsi terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan. Tingkat kepuasan pasien dapat dilihat dari dimensi kualitas pelayanan dengan lima dimensi yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.Tujuan penelitian:mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan dimensi kualitas pelayanan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unimus. Metode penelitian: observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien RSGM dengan sampel non probability dengan teknik accidental sampling didapatkan sebanyak 92 responden.Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner terdiri dari 22 item pertanyaan terstruktur berdasarkan dimensi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dengan Skala Likert. Analisis data menggunakan uji Spearman Rho Correlation dengan signifikansi 95%. Hasil penelitian: terdapatkorelasi positif yang signifikan p=0,000 (p<0,05)antara kepuasan pasien dengan dimensi kualitas pelayanan di RSGM Unimus dengan nilai korelasi dimensi bukti fisik sebesar 0,725, dimensi kehandalan sebesar 0,726, daya tanggap sebesar 0,706, jaminan sebesar 0,737, dan empati sebesar 0,744. Simpulan: semakin baik kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut maka semakin meningkat pula kepuasan pasien RSGM Unimus. Kata kunci : Kepuasan Pasien, Dimensi Kualitas, RSGM

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 001/S1.FKG/XII/2019
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Faculty of Dentistry > S1 Dentistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item