Rizviar, Azzuhra Zhafirah, J2A016041 (2020) PEMBELAJARAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK AUTISME:LITERATURE REVIEW. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
MANUSCRIPT .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang : Anak autisme memiliki kebutuhan perawatan gigi dan mulut yang tinggi dibandingkan anak normal adanyaresiko karies lebih tinggi dibandingkan penyakit gigi dan mulut lainnya, karena koordinasi gerakan lidah yang tidak teratur menyebabkan makanan sering ditahan di dalam mulut dan tidak langsung ditelan terbentuk menjadi debris, nilai debris yang tinggi menyebabkan kalkulus bila dibiarkan lebih lanjut akan berkembang menjadi kerusakan gigi dan gusi yang lebih buruk.Tujuan:Mengetahuibagaimanapembelajaranmenyikatgigi pada anakautismepada (literature review).Hasil: Berdasarkandaribeberapajurnal yang telah di telaahdapatdisimpulkanbahwacpembelajaran menyikat gigi anak autisme dapat dilakukan berbagai cara seperti pelatihan kombinasiyogadengan visual dan video menyikatgigi, media gambar (PECS), media iPad, virtual reality,flashcard, mewarnai, permainan, lagu, komunikasi verbal langsungdanceritasosialberupaceritapendekdigunakanuntukmenggambarkansituasirutinmenyikatgigi yang dilakukan oleh anakautisme.Kesimpulan :Anak autisme mempunyai karakteristik yang bervariasi sehingga pemilihan cara pembelajaran menyikat gigi dilakukan secara personal dengan melibatkan orang tua di rumah dan guru disekolah sebagai mitra.Teknik menyikat gigi dengan metode fone terbukti efektif dalam mengatasi plak dan gingivitis pada anak autisme. Kata kunci :Autism AND tooth brushing, Pembelajaranmenyikatgigi pada anakautism.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 027/S1FKG/XI/2020 |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Faculty of Dentistry > S1 Dentistry |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 07:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 07:28 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4020 |
Actions (login required)
View Item |