PEMBELAJARAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK AUTISME:LITERATURE REVIEW

Rizviar, Azzuhra Zhafirah, J2A016041 (2020) PEMBELAJARAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK AUTISME:LITERATURE REVIEW. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANUSCRIPT .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang : Anak autisme memiliki kebutuhan perawatan gigi dan mulut yang tinggi dibandingkan anak normal adanyaresiko karies lebih tinggi dibandingkan penyakit gigi dan mulut lainnya, karena koordinasi gerakan lidah yang tidak teratur menyebabkan makanan sering ditahan di dalam mulut dan tidak langsung ditelan terbentuk menjadi debris, nilai debris yang tinggi menyebabkan kalkulus bila dibiarkan lebih lanjut akan berkembang menjadi kerusakan gigi dan gusi yang lebih buruk.Tujuan:Mengetahuibagaimanapembelajaranmenyikatgigi pada anakautismepada (literature review).Hasil: Berdasarkandaribeberapajurnal yang telah di telaahdapatdisimpulkanbahwacpembelajaran menyikat gigi anak autisme dapat dilakukan berbagai cara seperti pelatihan kombinasiyogadengan visual dan video menyikatgigi, media gambar (PECS), media iPad, virtual reality,flashcard, mewarnai, permainan, lagu, komunikasi verbal langsungdanceritasosialberupaceritapendekdigunakanuntukmenggambarkansituasirutinmenyikatgigi yang dilakukan oleh anakautisme.Kesimpulan :Anak autisme mempunyai karakteristik yang bervariasi sehingga pemilihan cara pembelajaran menyikat gigi dilakukan secara personal dengan melibatkan orang tua di rumah dan guru disekolah sebagai mitra.Teknik menyikat gigi dengan metode fone terbukti efektif dalam mengatasi plak dan gingivitis pada anak autisme. Kata kunci :Autism AND tooth brushing, Pembelajaranmenyikatgigi pada anakautism.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 027/S1FKG/XI/2020
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Faculty of Dentistry > S1 Dentistry
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:25
Last Modified: 29 Jan 2021 07:28
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item