PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA“E-CHEMERBOOK” BERBASIS ANDROID UNTUK MENUMBUHKAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK

FIRDAUS, MAHARDIAN MUHAMAD, B2C016005 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA“E-CHEMERBOOK” BERBASIS ANDROID UNTUK MENUMBUHKAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, Muhammadiyah University, Semarang.

[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V PENUTUP.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20. MANUSCRIPT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi kini belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran atau sektor pendidikan di Indonesia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru kimia dan peserta didik, didapatkan data bahwa peserta didik merasa kesulitan dalam memahami konsep kimia, karena pengalaman kerja di laboratorium untuk memahami konsep-konsep kimia masih kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu pengembangan media pandua praktikum. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kelayakan media bahan ajar kimia “E-Chemerbook” berbasis android untuk meumbuhkan life skill peserta didik.. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini hanya menggunakan empat tahapan yaitu analisis (Analysis), desain (Design), Pengembangan (Development) dengan dilakukan evaluasi tiap tahapnya. Subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 3 siswa, dalam pelaksanaan peneliti dilapangan hanya sampai uji coba skala kecil, hal ini dikarenakan keterbatasan seperti waktu dan keadaan, dimana situasi masih dalam pandemi yang mengakibatkan sekolah belum aktif belajar secara tatap muka disekolah dan adanya protokol untuk tetap jaga jarak Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi dengan skor 4,6 dengan kriteria valid dan validasi media dengan skor 4,7 dengan kriteria valid; hasil respons siswa diperoleh skor rata – rata 4,6 dengan kriteria praktis dan respons guru diperoleh skor rata – rata 4,7 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media bahan ajar kimia “E-Chemerbook” berbasis android untuk menumbuhkan life skill peserta didik valid. Kata Kunci : “E-Chemerbook”, Life skill, Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 004/Pendidikan Kimia/X/2020
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:03
Last Modified: 24 Mar 2021 07:33
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item