FIRDAUS, MAHARDIAN MUHAMAD, B2C016005 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA“E-CHEMERBOOK” BERBASIS ANDROID UNTUK MENUMBUHKAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (755kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) | Request a copy |
||
Text
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
17. BAB V PENUTUP.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
20. MANUSCRIPT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi kini belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran atau sektor pendidikan di Indonesia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru kimia dan peserta didik, didapatkan data bahwa peserta didik merasa kesulitan dalam memahami konsep kimia, karena pengalaman kerja di laboratorium untuk memahami konsep-konsep kimia masih kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu pengembangan media pandua praktikum. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kelayakan media bahan ajar kimia “E-Chemerbook” berbasis android untuk meumbuhkan life skill peserta didik.. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini hanya menggunakan empat tahapan yaitu analisis (Analysis), desain (Design), Pengembangan (Development) dengan dilakukan evaluasi tiap tahapnya. Subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 3 siswa, dalam pelaksanaan peneliti dilapangan hanya sampai uji coba skala kecil, hal ini dikarenakan keterbatasan seperti waktu dan keadaan, dimana situasi masih dalam pandemi yang mengakibatkan sekolah belum aktif belajar secara tatap muka disekolah dan adanya protokol untuk tetap jaga jarak Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi dengan skor 4,6 dengan kriteria valid dan validasi media dengan skor 4,7 dengan kriteria valid; hasil respons siswa diperoleh skor rata – rata 4,6 dengan kriteria praktis dan respons guru diperoleh skor rata – rata 4,7 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media bahan ajar kimia “E-Chemerbook” berbasis android untuk menumbuhkan life skill peserta didik valid. Kata Kunci : “E-Chemerbook”, Life skill, Pengembangan
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 004/Pendidikan Kimia/X/2020 |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 15 Dec 2020 03:03 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 07:33 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4024 |
Actions (login required)
View Item |