Setyani, B2C016003 (2020) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI CROSSWORD PUZZLE (CROZZLE) CHEMISTRY BERBASIS ANDROID MATERI KIMIA UNSUR KELAS XII SMA/MA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (935kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan Game Edukasi Crossword Puzzle (Crozzle) Chemistry Berbasis Android Materi Kimia Unsur Kelas XII SMA/MA yang dikembangkan sebagai media pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada penelitian ini hanya menggunakan empat tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development) dengan dilakukan evaluasi (evaluation) pada setiap tahapnya. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA sebanyak 3 orang pada uji coba perorangan dan 12 peserta didik pada uji coba terbatas serta 2 praktisi pembelajaran kimia (guru). Kelayakan game edukasi Crozzle Chemistry berdasarkan penilaian Ahli Materi diperoleh rerata skor 4,82 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian Ahli Media diperoleh rerata skor 4,43 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian Praktisi pembelajaran kimia (guru) diperoleh rerata skor 4,64 termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, respon peserta didik pada uji coba perorangan diperoleh rerata skor 4,74 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan respon peserta didik pada uji coba terbatas diperoleh skor 4,47 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan skor tersebut dapat disimpulkan bahwa media Game Edukasi Crozzle Chemistry ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia. Kata Kunci: Game Edukasi, Crossword Puzzle Chemistry, Kimia Unsur, Android, ADDIE
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 008/Pendidikan Kimia/X/2020 |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4037 |
Actions (login required)
View Item |