PENGEMBANGAN GAME EDUKASI CROSSWORD PUZZLE (CROZZLE) CHEMISTRY BERBASIS ANDROID MATERI KIMIA UNSUR KELAS XII SMA/MA

Setyani, B2C016003 (2020) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI CROSSWORD PUZZLE (CROZZLE) CHEMISTRY BERBASIS ANDROID MATERI KIMIA UNSUR KELAS XII SMA/MA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (935kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan Game Edukasi Crossword Puzzle (Crozzle) Chemistry Berbasis Android Materi Kimia Unsur Kelas XII SMA/MA yang dikembangkan sebagai media pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada penelitian ini hanya menggunakan empat tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development) dengan dilakukan evaluasi (evaluation) pada setiap tahapnya. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA sebanyak 3 orang pada uji coba perorangan dan 12 peserta didik pada uji coba terbatas serta 2 praktisi pembelajaran kimia (guru). Kelayakan game edukasi Crozzle Chemistry berdasarkan penilaian Ahli Materi diperoleh rerata skor 4,82 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian Ahli Media diperoleh rerata skor 4,43 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian Praktisi pembelajaran kimia (guru) diperoleh rerata skor 4,64 termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, respon peserta didik pada uji coba perorangan diperoleh rerata skor 4,74 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan respon peserta didik pada uji coba terbatas diperoleh skor 4,47 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan skor tersebut dapat disimpulkan bahwa media Game Edukasi Crozzle Chemistry ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia. Kata Kunci: Game Edukasi, Crossword Puzzle Chemistry, Kimia Unsur, Android, ADDIE

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 008/Pendidikan Kimia/X/2020
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:31
Last Modified: 16 Dec 2020 07:31
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item