Syafitri, Biuty Prama, B2B118001 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBANTUAN ADOBE FLASH MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
1.SAMPUL.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (595kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
17. BAB V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
19.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (686kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Media pembelajaran, Adobe Flash, Pendekatan Kontekstual. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah membawa perubahan salah satunya dalam bidang pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan hasil belajar siswa yang rendah, selain itu permasalahan lainnya yaitu Sumber belajar siswa yang masih kurang, bermain handphone saat guru menjelaskan,guru belum menggunakan media pembelajaran interaktif. Melalui perkembangan teknologi pada pembelajaran matematika maka dibutuhkan suatu media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran ular tangga berbantun Adobe Flash melalui pendekatan kontekstual materi program linear kelas XI yang valid dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran ular tangga melalui respon siswa dan guru sebagai pengguna media. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian oleh validasi dan angket respon siswa dan guru. Model pengembangan yang digunakan yaitu Analysis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan (sampling purposive) Uji coba kelompok kecil media pembelajaran adalah 8 siswa, sedangkan uji coba lapangan adalah 35 siswa dan 1 guru mata pelajaran matematika. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran ular tangga valid dan dapat diujicobakan. Kevalidan tersebut dibuktikan uji validasi ahli materi diperoleh persentase rata – rata 82% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli media diperoleh persentase rata – rata 89% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon menunjukkan persentase rata – rata 86% dengan kriteria sangat baik atau sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ini dapat disimpukan bahwa pengembangan media pembelajaran ular tangga berbantuan adobe flash melalui pendekatan kontekstual materi program linear kelas XI pada pembelajaran matematika valid digunakan dan respon pengguna positif. Dikarenakan siswa ataupun guru dapat menggunakan media tidak hanya saat proses pembelajaran tetapi kapanpun dan dimanapun.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 002/P.Matematika/XI/2020 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 07:26 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 07:26 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4080 |
Actions (login required)
View Item |