Fatimah, Cholifah Tun, B2B016008 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDU STACKO DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINIER SATU VARIABEL KELAS X. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
pernyataan keaslian.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan kelulusan.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
persetujuan pembimbing.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Download (673kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Edu Stacko, pendekatan kontekstual, Persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik menjaadi bosan, materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel yang dianggap sulit terutama dalam soal kontekstual. Materi yang dibahas dalam media yang dikembangkan adalah materi permasamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel bernuansa kontekstual yang dianggap sulit oleh peserta didik. Mengatasi hal ini diperlukan sebuah media pembelajaran yang berfungsi sebagai perantara dan penyambung pesan – pesan pembelajaran serta media yang terkonsep bermain agar peserta didik tidak bosan dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media pembelajaran Edu Stacko dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Edu Stacko dengan pendekatakan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R and D (Research and Development). Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 di salah satu sekolah di Kota Semarang. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran Edu Stacko dengan pendekatan kontekstual ini dalam kategori sangat valid dengan rata – rata sebesar 4,5, dibuktikan hasil validasi media sebesar 4,4 dan hasil validasi materi sebesar 4,6. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik pada uji coba lapangan. Berdasarkan hasil analisis media pembelajaran Edu Stacko termasuk dalam kategori praktis dengan dibuktikan respon peserta didik dan guru sebesar 3,3, maka hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Edu Stacko dengan pendekatan kontekstual sebagai produk akhir. Penyempurnaan media pembelajaran yang dibuat diberikan saran berupa penambahan variasi soal dan tidak hanya diujicobakan pada satu sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 003/P.Matematika/XI/2020 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4088 |
Actions (login required)
View Item |