Noviani, Rukmana Rina Dwi, B2B016016 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATHEMATIC PUZZLE TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (787kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
16. BAB V.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
Text
20. ARTIKEL FULL.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (629kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : puzzle, trigonometri, pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi trigonometri. Hal tersebut diakibatkan oleh peserta didik tidak senang dengan mata pelajaran matematika, soal yang diberikan pada peserta didik belum soal kontekstual, dan belum ada media pembelajaran yang menarik, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dengan soal yang kontekstual. Materi pokok yang dibahas pada media pembelajaran yang dikembangkan adalah materi trigonometri yang menurut peserta didik adalah materi matematika yang sulit. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media pembelajaran Maathematic Puzzle dengan Pendekatan Kontekstual. Media yang dikembangkan ini didesain game puzzle yang terletak pada soal diskusi, kuis, dan evaluasi. Soal yang terdapat pada media yang dikembangkan yaitu soal kontekstual. Pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan ini membantu peserta didik untuk termotivasi pada pembelajaran dan membantu dalam memahami soal kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan Media Pembelajaran Mathematic Puzzle Trigonometri dengan Pendekatan Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R and D. Model penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model 4D yang dimodivikasi menjadi 3D melalui beberapa tahap melalui definisi (define), desain (design), pengembangan (development). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK yang ada di Pati dengan menggunakan teknik simple rondom sampling. Sampel dari penelitian ini ada salah satu SMK yang ada di Pati dengan teknik simple rondom sampling. Teknik pengambilan data yaitu observasi, validasi ahli materi dan media, respon peserta didik dan pendidik. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran Mathematic Puzzle Trigonometri dengan Pendekatan Kontekstual ini termasuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata sebesar 4,6 dibuktikan hasil validasi media sebesar 4,5 dan hasil validasi materi sebesar 4,7. Subjek penelitian ini adalah 10 peserta didik pada uji coba skala kecil, serta 26 peserta didik dan 1 pendidik pada uji coba skala besar. Berdasarkan hasil analisis Media Pembelajaran Mathematic Puzzle Trigonometri dengan Pendekatan Kontekstual termasuk dalam kategoti sangat praktis dengan dibuktikan respon peserta didik sebesar 4,3 dan respon pendidik sebesar 4,8, dari kedua respon berada pada kriteria sangat praktis maka hal tersebut menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Mathematic Puzzle Trigonometri dengan Pendekatan Kontekstual sebagai produk akhir.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 011/P.Matematika/XI/2020 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4102 |
Actions (login required)
View Item |