Khamdianingsih, Dinias Catur Wira Kencana, G2A218043 (2020) GAMBARAN KEDISIPLINAN BELAJAR MAHASISWA AKPER KESDAM IV/DIPONEGORO SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
Cover Depan.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang: Disiplin belajar adalah serangkaian sikap, tingkah laku mahasiswa yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya untuk belajar secara teratur baik di kampus atau di lingkungan tempat tinggal atas dasar kesadaran dirinya untuk belajar secara teratur tanpa adanya paksaan. Kedisiplinan belajar pada saat di kampus atau di lingkungan tempat tinggal dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.Tujuan penelitian: untuk mengetahui kedisiplinan belajar mahasiswa di Akper Kesdam IV/Diponegoro Semarang. Metode penelitian : desain penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode penelitian survei dengan instrument berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akper Kesdam IV/Diponegoro sebanyak 110 mahasiswa tingkat I. Sample penelitian ini menggunakan proportionate stratified random samplingdengan sampel 87 responden.Analisis data menggunakan univariat.Variabel tunggal untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan proses belajar mahasiswa Akper Kesdam IV/Diponegoro Semarang dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase.Hasil penalitian: responden memiliki kedisiplinan belajar tinggi (93,1%), sub varibel faktor internal (93,1%), sub variabel eksternal (93,1%). Simpulan: faktor internal, faktor eksternal, dan kedisiplinan belajar mahasiswa Akper Kesdam IV/Diponegoro Semarang dalam kategori tinggi. Saran: responden dapat mempertahankan apa yang sudah didapatkan dan meningkatkan kedisiplinan belajardengan menerapkan sikap kedisiplinan seperti tepat waktu, mentaati peraturan, memotivasi diri, dan menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan meningkatkan intensitas membaca melalui buku maupun sumber lain untuk mengatasi masalah. Kata kunci:Faktor internal, faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Contributors Thesis: | Dr. Ns.Vivi Yosafianti Pohan., M.Kep |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4369 |
Actions (login required)
View Item |