GAMBARAN KEDISIPLINAN BELAJAR MAHASISWA AKPER KESDAM IV/DIPONEGORO SEMARANG

Khamdianingsih, Dinias Catur Wira Kencana, G2A218043 (2020) GAMBARAN KEDISIPLINAN BELAJAR MAHASISWA AKPER KESDAM IV/DIPONEGORO SEMARANG. Sarjana (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
Cover Depan.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Disiplin belajar adalah serangkaian sikap, tingkah laku mahasiswa yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya untuk belajar secara teratur baik di kampus atau di lingkungan tempat tinggal atas dasar kesadaran dirinya untuk belajar secara teratur tanpa adanya paksaan. Kedisiplinan belajar pada saat di kampus atau di lingkungan tempat tinggal dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.Tujuan penelitian: untuk mengetahui kedisiplinan belajar mahasiswa di Akper Kesdam IV/Diponegoro Semarang. Metode penelitian : desain penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode penelitian survei dengan instrument berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akper Kesdam IV/Diponegoro sebanyak 110 mahasiswa tingkat I. Sample penelitian ini menggunakan proportionate stratified random samplingdengan sampel 87 responden.Analisis data menggunakan univariat.Variabel tunggal untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan proses belajar mahasiswa Akper Kesdam IV/Diponegoro Semarang dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase.Hasil penalitian: responden memiliki kedisiplinan belajar tinggi (93,1%), sub varibel faktor internal (93,1%), sub variabel eksternal (93,1%). Simpulan: faktor internal, faktor eksternal, dan kedisiplinan belajar mahasiswa Akper Kesdam IV/Diponegoro Semarang dalam kategori tinggi. Saran: responden dapat mempertahankan apa yang sudah didapatkan dan meningkatkan kedisiplinan belajardengan menerapkan sikap kedisiplinan seperti tepat waktu, mentaati peraturan, memotivasi diri, dan menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan meningkatkan intensitas membaca melalui buku maupun sumber lain untuk mengatasi masalah. Kata kunci:Faktor internal, faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Contributors Thesis: Dr. Ns.Vivi Yosafianti Pohan., M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 06 Apr 2021 02:50
Last Modified: 06 Apr 2021 02:50
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item View Item