ANALISIS SENTIMEN TERHADAP DAMPAK COVID-19 PADA PERFORMA E-COMMERCE DI INDONESIA MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE (REVIEW APLIKASI TOKOPEDIA PADA GOOGLE PLAY)

WISUDAWATI, DINDA TRI, B2A219016 (2020) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP DAMPAK COVID-19 PADA PERFORMA E-COMMERCE DI INDONESIA MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE (REVIEW APLIKASI TOKOPEDIA PADA GOOGLE PLAY). Sarjana (S1/D4) thesis, Muhammadiyah University, Semarang.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Persetujuan (tidak).pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab I.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab II.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
13. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
15. Bab V.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
18. Hasil Olah Data.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
20. Jurnal Ilmiah Dinda Tri Wisudawati (B2A219016).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tokopedia merupakan e-commerce populer di Indonesia. Hal tersebut didukung dengan rating Tokopedia yang tinggi pada Google Play. Diperlukan sebuah metode yang mampu mengkategorikan reviews pengguna secara otomatis, apakah tergolong ke dalam klasifikasi positif atau negatif. Analisis Sentimen menggunakan Support Vector Machine (SVM) merupakan metode yang digunakan. Konsep SVM merupakan usaha mencari hyperplane terbaik yang berfungsi sebagai pemisah dua buah kelas pada input space dengan memaksimalkan jarak antar kelas. Sehingga SVM dapat menjamin kemampuan generalisasi yang tinggi untuk data-data yang akan datang. Klasifikasi menggunakan SVM pada periode sebelum munculnya Covid-19 di Indonesia (Februari 2020) menghasilkan akurasi sebesar 87% dan 84% pada periode sesudah munculnya Covid-19 (April 2020). Hasil menunjukkan bahwa walaupun Covid-19 muncul di Indonesia, performa Tokopedia masih tetap terjaga dan pengguna masih tetap memberikan penilaian suka sekali. Hal ini dibuktikan dengan penurunan jumlah review negatif dari 43% pada Februari 2020 menjadi 27% pada April 2020. Kata kunci: Google Play, Tokopedia, Support Vector Machine, Analisis Sentimen

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Call Number: 042/Statistik/XI/2021
Subjects: L Education > Statistics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Statistics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:38
Last Modified: 23 Jun 2021 03:38
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4576

Actions (login required)

View Item View Item