PENGEMBANGAN “KOMEDI APIK” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SISWA SMA/MA

Rochayati, Putri, B2C014023 (2021) PENGEMBANGAN “KOMEDI APIK” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SISWA SMA/MA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
MANUSCRIPT-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. Dalam mempelajari ilmu kimia diperlukan media sebagai perantara yang berisi sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar dan memudahkan siswa dalam memahami isi materi. Sumber belajar yang digunakan siswa pada materi Sistem Periodik Unsur selama ini berupa LKS dan buku paket. Hal ini belum efektif dan efisien dalam membantu siswa memahami konsep Sistem Periodik Unsur. Inovasi sumber belajar diperlukan untuk membuat siswa paham terhadap konsep-konsep Sistem Periodik Unsur yang bersifat abstrak. Penulisan ini bertujuan menghasilkan media komik pada materi Sistem Periodik Unsur Siswa SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penulisan ini adalah model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Model ini terdiri dari tiga tahap yaitu Define, Design, dan Develop. Pada tahap define terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran, tahap design terdiri atas pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal. Hasil penulisan menunjukan: 1) Define, produk disesuaikan dengan kurikulum, karakteristik siswa, dan materi, sehingga produk yang dikembangkan sesuai dengan tujuan pembelajaran berupa ―KOMEDI APIK‖ Komik Edukasi Aplikasi Kimia; 2) Design, tahap ini menghasilkan format komik yang terdiri dari materi aplikasi kimia dalam kehidupan sehari-hari, kimia unsur, teori atom, dan sifat keperiodikan unsur menjadi desain awal komik; 3) Develop, tahap ini terdiri dari Pembuatan Instrumen Validasi Ahli, Validasi Ahli, Uji Coba Produk, dan Revisi Produk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling siswa kelas XII IPA SMA di Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan instrumen penulisan berupa lembar angket dan dokumentasi. Hasil analisis kelayakan menunjukkan media komik yang dikembangkan memperoleh nilai kelayakan pada hasil validasi dari ahli materi 3,54 (Sangat Layak), ahli media 3,53 (Sangat Layak), dan uji coba lapangan terbatas 3,53 (Sangat Layak) pada aspek penyajian dan 3,49 (Sangat layak) pada aspek kemanfaatan. Hasil pengembangan media komik pada materi Sistem Periodik Unsur Siswa SMA/MA telah memenuhi kriteria kelayakan sampai pada tahap uji coba lapangan terbatas. Kata Kunci: Media Komik, Sistem Periodik Unsur

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 003/Pendidikan Kimia/V/2021
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4592

Actions (login required)

View Item View Item