Alfiyaturrohmah, Laili, B2B014006 (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERSISTEM KURIKULUM 2013 REVISI PADA SMP SEDERAJAT DI KOTA SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (944kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (994kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (598kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (684kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi, Model Evaluasi CIPP, Pembelajaran Matematika Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adanya pengembangan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 menjadi Kurikulum 2013 di Indonesia. Proses implementasi kurikulum 2013 pada satuan pendidikan sendiri pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi pembelajaran matematika bersistem kurikulum 2013 revisi pada SMP sederajat di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mengambil responden yaitu perangkat sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, diamana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Sehingga peneliti menentukan tiga sampel, yaitu (1) dua perwakilan SMP Negeri; (2) dua perwakilan SMP Swasta; dan (3) dua perwaklian MTs di Kota Semarang. Penelitian ini menerapkan model evaluasi CIPP yaitu context evaluation, input evaluation, process evaluation, dan product evaluation. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari: (1) Evaluasi Konteks (Context Evaluation), menyimpulkan bahwa penerapan kurikulum 2013 revisi di sekolah masih bertahap dan belum semua kelas menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 revisi; (2) Evaluasi Masukan (Input Evaluation), yakni penerimaan tenaga pendidik dan siswa yang berkualitas di sekolah tentunya membantu proses pembelajaran yang efektif dan efisien, serta kesiapan sarana prasarana untuk mendukung pembelajaran kurikulum 2013 revisi; (3) Evaluasi Proses (Process Evaluation), yakni guru sudah mempersiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 revisi namun, metode yang digunakan belum sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, serta siswa masih beradaptasi dengan penerapan Student Center Learning pada pembelajaran. (4) Evaluasi Produk/Hasil (Product Evaluation), yakni pelaksanaan penilaian pembelajaran sudah mengacu pada panduan teknis penilaian pembelajaran kurikulum 2013 revisi dan pemberian pembelajaran remedial atau perbaikan untuk siswa yang belum mencapai kemampuan minimal. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sekolah sudah siap mengimplementasikan kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 002/P.Matematika/VI/2021 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4654 |
Actions (login required)
View Item |