SHOLIKHAH, ULIMAH PRATIWI, B2B016004 (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI TRIGONOMETRI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
1. JUDULLL.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
1-9. BAB I.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
10-42. BAB II.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
43-60. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
||
Text
61-89. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | Request a copy |
||
|
Text
90-91. BAB V.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
92-98. DAFTAR PUSTAKA ALL.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
99-142. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
ARTIKEL ULIMAH PRATIWI.pdf Download (609kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Buku Ajar, Konstruktivisme, Koneksi Matematis Hasil analisis nilai siswa pada materi trigonometri menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan untuk membangun sendiri pemahamannya, mengaitkan konsep – konsep matematis yang pernah dipelajari sebelumnya, serta menerapkan formula yang cocok untuk menyelesaikan permasalahan. Hal tersebut disebabkan karena buku ajar yang digunakan oleh guru belum menunjang siswa untuk dapat mengkonstruk pemahamannya sendiri sesuai dengan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Oleh karena itu perlu adanya buku ajar materi trigonometri jumlah dan selisih sinus cosinus yang dapat membantu siswa untuk membangun dan mengaitkan pengetahuan – pengetahuan yang telah dimilikinya. Buku ajar tersebut berupa buku ajar dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan koneksi matematis.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan dari buku ajar siswa dengan pendekatan konstruktivisme.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu Define, Design, dan Develop. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI IPA dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa untuk uji coba skala kecil dan 36 siswa untuk uji coba lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penilaian dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli serta angket respon guru dan siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu uji validasi ahli media sebesar 3,4 dengan kriteria sangat valid dan uji validasi ahli materi sebesar 3,7 dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil dari respon siswa sebesar 3,3 dengan kriteria sangat praktis dan hasil respon guru sebesar 3,7 dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu pengembangan buku ajar siswa dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan koneksi matematis materi trigonometri sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan. Saran untuk pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut yaitu buku ajar dapat dikembangkan lagi dari segi materi dan diperbanyak lagi soal – soal latihannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 004/P.Matematika/VI/2021 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 04:39 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 04:39 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4665 |
Actions (login required)
View Item |