PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI TRIGONOMETRI

SHOLIKHAH, ULIMAH PRATIWI, B2B016004 (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI TRIGONOMETRI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
1. JUDULLL.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1-9. BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10-42. BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
43-60. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
61-89. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
90-91. BAB V.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
92-98. DAFTAR PUSTAKA ALL.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
99-142. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ULIMAH PRATIWI.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Buku Ajar, Konstruktivisme, Koneksi Matematis Hasil analisis nilai siswa pada materi trigonometri menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan untuk membangun sendiri pemahamannya, mengaitkan konsep – konsep matematis yang pernah dipelajari sebelumnya, serta menerapkan formula yang cocok untuk menyelesaikan permasalahan. Hal tersebut disebabkan karena buku ajar yang digunakan oleh guru belum menunjang siswa untuk dapat mengkonstruk pemahamannya sendiri sesuai dengan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Oleh karena itu perlu adanya buku ajar materi trigonometri jumlah dan selisih sinus cosinus yang dapat membantu siswa untuk membangun dan mengaitkan pengetahuan – pengetahuan yang telah dimilikinya. Buku ajar tersebut berupa buku ajar dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan koneksi matematis.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan dari buku ajar siswa dengan pendekatan konstruktivisme.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu Define, Design, dan Develop. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI IPA dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa untuk uji coba skala kecil dan 36 siswa untuk uji coba lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penilaian dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli serta angket respon guru dan siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu uji validasi ahli media sebesar 3,4 dengan kriteria sangat valid dan uji validasi ahli materi sebesar 3,7 dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil dari respon siswa sebesar 3,3 dengan kriteria sangat praktis dan hasil respon guru sebesar 3,7 dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu pengembangan buku ajar siswa dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan koneksi matematis materi trigonometri sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan. Saran untuk pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut yaitu buku ajar dapat dikembangkan lagi dari segi materi dan diperbanyak lagi soal – soal latihannya.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 004/P.Matematika/VI/2021
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item View Item