PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PISA 2021

Wati, Yulis Ika, B2B017017 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PISA 2021. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL KARYA ILMIAH.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: PISA, Konten, Konteks Penelitian ini mengembangkan soal matematika berbasis PISA, hal ini dikarenakan nilai matematika di Indonesia dalam penilaian PISA dari tahun 2000 hingga 2018 masih sangat rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya skor PISA, salah satunya karena siswa belum terbiasa menyelesaikan soal berbasis PISA saat belajar di sekolah. Pengembangan instrumen soal PISA ini selesai mengacu pada framework PISA 2021 sebagai upaya untuk meningkatkan nilai PISA Indonesia di kancah penilaian selanjutnya. Soal-soal yang dikembangkan peneliti mencakup seluruh konten dalam PISA dengan memperhatikan konteks, level dan proses dari masing-masing soal. Soal dirancang dengan tiga jenis soal yaitu, pilihan ganda, entri pendek, dan deskripsi, yang terdiri dari 100 item dengan proporsi isi yang sama untuk setiap isinya. Konten yang terdapat dalam PISA adalah konten perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk, angka, dan ketidakpastian data Model penelitian yang digunakan peneliti dalam mengembangkan masalah matematika berbasis PISA menggunakan model Borg and Gall dengan modifikasi yaitu tahap pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba lapangan awal (validasi ahli materi), revisi hasil validator, dan pengujian. batasan oleh siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa berusia 15 tahun di Indonesia. Peneliti mengambil sampel secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan instrumen soal matematika berbasis PISA oleh validator soal yang dikembangkan diperoleh skor rata-rata pada isi perubahan dan hubungan 4,6 yang artinya sangat valid, isi spasi dan bentuk 4,5 yaitu Artinyasangat valid, isi bilangan sebesar 4,9 artinya sangat valid, dan ketidakpastian data sebesar 4,7 artinya sangat valid. Hasil angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 3,2 yang artinya sangat valid. Subjek penelitian dalam tes batasan sebanyak 10 siswa yang terdiri dari 5 siswa SMP dan 5 siswa SMA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen soal matematika berbasis PISA 2021 yang dikembangkan oleh peneliti ini valid dan layak digunakan oleh siswa dan guru lainnya

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 006/P.Matematika/VI/2021
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4667

Actions (login required)

View Item View Item