Wati, Yulis Ika, B2B017017 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PISA 2021. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (961kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
ARTIKEL KARYA ILMIAH.pdf Download (981kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: PISA, Konten, Konteks Penelitian ini mengembangkan soal matematika berbasis PISA, hal ini dikarenakan nilai matematika di Indonesia dalam penilaian PISA dari tahun 2000 hingga 2018 masih sangat rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya skor PISA, salah satunya karena siswa belum terbiasa menyelesaikan soal berbasis PISA saat belajar di sekolah. Pengembangan instrumen soal PISA ini selesai mengacu pada framework PISA 2021 sebagai upaya untuk meningkatkan nilai PISA Indonesia di kancah penilaian selanjutnya. Soal-soal yang dikembangkan peneliti mencakup seluruh konten dalam PISA dengan memperhatikan konteks, level dan proses dari masing-masing soal. Soal dirancang dengan tiga jenis soal yaitu, pilihan ganda, entri pendek, dan deskripsi, yang terdiri dari 100 item dengan proporsi isi yang sama untuk setiap isinya. Konten yang terdapat dalam PISA adalah konten perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk, angka, dan ketidakpastian data Model penelitian yang digunakan peneliti dalam mengembangkan masalah matematika berbasis PISA menggunakan model Borg and Gall dengan modifikasi yaitu tahap pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba lapangan awal (validasi ahli materi), revisi hasil validator, dan pengujian. batasan oleh siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa berusia 15 tahun di Indonesia. Peneliti mengambil sampel secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan instrumen soal matematika berbasis PISA oleh validator soal yang dikembangkan diperoleh skor rata-rata pada isi perubahan dan hubungan 4,6 yang artinya sangat valid, isi spasi dan bentuk 4,5 yaitu Artinyasangat valid, isi bilangan sebesar 4,9 artinya sangat valid, dan ketidakpastian data sebesar 4,7 artinya sangat valid. Hasil angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 3,2 yang artinya sangat valid. Subjek penelitian dalam tes batasan sebanyak 10 siswa yang terdiri dari 5 siswa SMP dan 5 siswa SMA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen soal matematika berbasis PISA 2021 yang dikembangkan oleh peneliti ini valid dan layak digunakan oleh siswa dan guru lainnya
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 006/P.Matematika/VI/2021 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4667 |
Actions (login required)
View Item |