PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI STORYBOARDTHAT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP KELAS VII

Febriani, Erma Fitria, B2B016006 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI STORYBOARDTHAT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP KELAS VII. Sarjana (S1/D4) thesis, Muhammadiyah University, Semarang.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
19. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH ERMA FIX.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran, StoryboardThat, Pendekatan Matematika Realistik Pengembangan pembelajaran matematika tidak lepas dari teknologi karena semakin berkembangnya teknologi dan informasi komunikasi juga memberi dampak terhadap proses pendidikan melalui pemanfaatan media yang berbasis teknologi sebagai alat untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media dalam pembelajaran, kurangnya variasi pendekatan dalam proses pembelajaran, dan kurangnya pemahaman materi siswa. Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat, mendorong guru untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran komik matematika berbantuan aplikasi StoryboardThat dengan pendekatan matematika realistik pada materi aritmatika sosial SMP kelas VII yang valid dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran komik matematika melalui respon siswa dan guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian validasi dan angket respon siswa dan guru. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Uji coba terbatas dengan jumlah 10 siswa sedangkan uji coba lapangan dengan jumlah 30 siswa dan 1 guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Hasil penilaian validasi oleh ahli media diperoleh persentase 79,5% dengan kriteria valid sedangkan ahli materi diperoleh persentase 82,5% dengan kriteria valid sehingga menunjukkan rata-rata 81,1% dengan kriteria valid. Hasil kepraktisan menunjukkan rata-rata 86,4% dengan kriteria sangat praktis dengan hasil respon siswa mencapai persentase 87% dan respon guru mencapai persentase 85,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran komik matematika berbantuan aplikasi StoryboardThat dengan pendekatan matematika realistik pada materi aritmatika sosial SMP kelas VII valid dan praktis. Guna menyempurnakan komik diberikan saran untuk perbaikan yaitu dengan mengembangkan lagi cerita dalam komik serta lebih memperbanyak contoh soal dan latihan soal.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Call Number: 011/P.Matematika/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 06 Aug 2021 03:44
Last Modified: 06 Aug 2021 03:44
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4726

Actions (login required)

View Item View Item