Febriani, Erma Fitria, B2B016006 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI STORYBOARDTHAT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP KELAS VII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
1. COVER.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (785kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
17. BAB V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
19. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL ILMIAH ERMA FIX.pdf Download (767kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Media Pembelajaran, StoryboardThat, Pendekatan Matematika Realistik Pengembangan pembelajaran matematika tidak lepas dari teknologi karena semakin berkembangnya teknologi dan informasi komunikasi juga memberi dampak terhadap proses pendidikan melalui pemanfaatan media yang berbasis teknologi sebagai alat untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media dalam pembelajaran, kurangnya variasi pendekatan dalam proses pembelajaran, dan kurangnya pemahaman materi siswa. Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat, mendorong guru untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran komik matematika berbantuan aplikasi StoryboardThat dengan pendekatan matematika realistik pada materi aritmatika sosial SMP kelas VII yang valid dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran komik matematika melalui respon siswa dan guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian validasi dan angket respon siswa dan guru. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Uji coba terbatas dengan jumlah 10 siswa sedangkan uji coba lapangan dengan jumlah 30 siswa dan 1 guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Hasil penilaian validasi oleh ahli media diperoleh persentase 79,5% dengan kriteria valid sedangkan ahli materi diperoleh persentase 82,5% dengan kriteria valid sehingga menunjukkan rata-rata 81,1% dengan kriteria valid. Hasil kepraktisan menunjukkan rata-rata 86,4% dengan kriteria sangat praktis dengan hasil respon siswa mencapai persentase 87% dan respon guru mencapai persentase 85,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran komik matematika berbantuan aplikasi StoryboardThat dengan pendekatan matematika realistik pada materi aritmatika sosial SMP kelas VII valid dan praktis. Guna menyempurnakan komik diberikan saran untuk perbaikan yaitu dengan mengembangkan lagi cerita dalam komik serta lebih memperbanyak contoh soal dan latihan soal.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 011/P.Matematika/2021 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4726 |
Actions (login required)
View Item |