HUBUNGAN ANTARA JUMLAH ASUPAN HARIAN PROTEIN HEWANI DAN NABATI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK ABA BLORA

Fajriin, Roudhotul, H2A017039 (2021) HUBUNGAN ANTARA JUMLAH ASUPAN HARIAN PROTEIN HEWANI DAN NABATI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK ABA BLORA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIMUS" not defined].

[img]
Preview
Text
Artikel HARVARD.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Latar belakang : Usia 3 – 5 tahun merupakan periode kritis pertumbuhan dan perkembangan. Pada masa ini proses pematangan sel-sel neuron berlangsung cepat. Jika dalam periode ini tidak tersedia zat gizi yang adekuat, akan berimplikasi pada perkembangan kognitif anak dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan mengalisis hubungan antara jumlah asupan harian protein hewani dan nabati terhadap perkembangan kognitif anak di TK ABA Blora. Metode : Penelitian Observasional dengan pendekatan Cross Sectional yang dilaksanakan pada bulan januari 2021 di TK ABA Blora, dengan subjek penelitian adalah 44 ibu dan anak berusia 3 – 5 tahun yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eklusi. Sampel dipilih menggunakan Consecutive sampling. Penilaian jumlah asupan harian protein hewani dan nabati diukur dengan SQFFQ sedangkan perkembangan kognitif anak diukur dengan Kuesioner. Uji statistic menggunakan uji hubungan pearson product moment. Uji multivariat menggunakan uji regresi berganda. Hasil : Didapatkan hasil dari rerata jumlah asupan harian hewani responden pada penelitian ini adalah 28,87±0,982 gram/hari sedangkan hasil dari rerata jumlah asupan harian nabati adalah 23,90±0,830. Dari hasil uji statistik regresi linier berganda antara jumlah asupan harian protein hewani dan nabati dengan perkembangan kognitif memiliki p yang signifikan (p < 0,05) yaitu p = 0,00 dan p = 0,01. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara jumlah asupan harian protein hewani dengan perkembangan kognitif anak di TK ABA Blora dan memiliki hubungan yang sangat kuat dan positif yang artinya semakin tinggi jumlah asupan harian protein hewani maka perkembangan kognitif akan semakin baik. Kata Kunci : Protein Hewani, Protein Nabati, Perkembangan Kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSaptanto, Agus, drUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
UNSPECIFIEDWidiasih, Esti, drUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
UNSPECIFIEDPrihandini, Oky Rahma, drUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical > S1 Medical
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4838

Actions (login required)

View Item View Item