PENGEMBANGAN MEDIA MATH LEARNING MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN KELAS XI

rakhmawati, indi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA MATH LEARNING MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASI PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH SKRIPSI Indi Rakhmawati.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Rakhmawati, I. 2021. Pengembangan Media Math Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Materi Barisan Dan Deret Bilangan Kelas Xl. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing: I. Dwi Sulistyaningsih, S.Si., M.Pd., II. Eko Andy Purnomo, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Pengembangan, Math Learning, Kontekstual. Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempermudah proses belajar. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan didapatkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah terutama pada materi barisan dan deret bilangan. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru, media yang digunakan oleh guru masih berupa powerpoint sehingga kurang bisa mengulas materi seutuhnya,siswa masih menganggap bahwa matematika adalah pelajaranyang sulit dipahami karena memuat rumus-rumus abstrak, serta belum adanya pemanfaatan media berbasis androidyang mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang ditawarkan yaitu pengembangan media math learning melalui pendekatan kontekstual materi barisan dan deret bilangan kelas XI. Penggunaan media math learning dalam pembelajaran dapat memudahkan siswa memahami konsep materi,pembelajaran jauh dari abstrak, media berbasis aplikasi android yang menarik sehingga siswa tidak beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, proses pemahaman materi tidak hanya dari kemampuan siswa sendiri melainkan berbantuan video pembelajaran yang tersedia dalam media serta siswa dapat mengakses materi kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas ruang dan waktu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari media math learning yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitianResearch And Development(R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling.Subjek uji coba terbatas dilakukan kepada16 siswa dan uji coba lapangan kepada 36 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar angket validasi ahli media dan ahli materi serta angket respons siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,3 dengan kriteria valid; validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,5 dengan kriteria valid; hasil respon siswa diperoleh nilai rata-rata 3,53 dengan kriteria sangat praktis; dan respon guru diperoleh rata-rata 3,55 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media math learning melalui pendekatan kontekstual valid dan sangat praktis digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran matematika kelas XI. Saran untuk pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut yaitu media math learning dapat ditambahkan lagi dari segi materi, contoh soal serta media dapat diakses pada iOs.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorsulistyaningsih, dwiUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisorpurnomo, eko andyUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Call Number: 019/P.Matematika/XI/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:02
Last Modified: 15 Dec 2021 04:02
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item View Item