PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, UKURAN USAHA DAN SOSIALISASI STANDAR AKUNTANSI TERHADAP IMPLEMENTASI SAK ETAP

Pancarisakti, Fitriani Nur Sa'adah (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, UKURAN USAHA DAN SOSIALISASI STANDAR AKUNTANSI TERHADAP IMPLEMENTASI SAK ETAP. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text (Judul.pdf)
Judul.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak.pdf)
abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (bab 3.pdf)
bab 3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (bab 5.pdf)
bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka.pdf)
daftar pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (lampiran.pdf)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, ukuran usaha dan sosialisasi standar akuntansi terhadap implementasi SAK ETAP pada laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam di wilayah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Objek dari penelitian ini adalah karyawan bagian keuangan Koperasi Simpan Pinjam wilayah Kota Semarang. Sampel dari penelitian berjumlah 55 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas menyatakan bahwa data valid dan dapat dilanjutkan uji faktor lain. Hasil uji reliabilitas menyatakan kuesioner reliabel. Dilanjutkan dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya uji hipotesis di lakukan dengan uji linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap impelemtasi SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel (0,728 < 2,00758) dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,470 > 0,05). (2) Ukuran usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap impelemtasi SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel (0,1608 < 2,00758) dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,114 > 0,05). (3) Sosialisasi standar akuntansi berpengaruh signifikan terhadap impelemtasi SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel (6,676 < 2,00758) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00 > 0,05). (4) Tingkat pendidikan, ukuran usaha, dan sosialisasi standar akuntansi berpengaruh secara bersama – sama positif dan signifikan terhadap variabel implementasi SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (18,116 > 2,79). Kata Kunci : Tinkat Pendidikan, Ukuran Usaha, Sosialisasi Standar Akuntansi, Implementasi SAK ETAP.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSinarasri, AndwianiUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisorAlwiyah, AlwiyahUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Subjects: H Social Sciences > Accounting
Divisions: Faculty of Economics > S1 Accounting
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5499

Actions (login required)

View Item View Item