Nurhayati, Puji, I2A112001 (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIIIC MTS AL ASROR PATEMON TAHUN 2015/2016. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
Abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan dan hasil belajar terhadap materi pokok sistem persamaan linier dengan dua variabel, sehingga rutinitas untuk mengisi daftar hadir,mencari nilai tanpa diiringi kesadaran untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Rendahnya pemahaman atau penalaran siswa terhadap materi, selain itu komunikasi siswa pun mengalami stagnan (tidak ada perkembangan ) atau bahkan penurunan. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk meningkatkannya yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams Achievent division). Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan banyaknya aktivitas belajar siswa seperti diskusi, bertanta, memberikan pendapat, menjawab pertanyaan, mendengarkan penjelasan adanya kerjasama antara peneliti dengan pendidik mata pelajaran matematika kelas VIIIC MTS Al Asror Semarang. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan dilaksanakannya tiga siklus, tes evaluasi, LKS, angket, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model STAD dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-C MTs Al Asror Patemon tahun pelajaran 2015/2016. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan sebesar 10% sebelum tindakan menjadi 58,3% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 79,16% dan pada siklus III menjadi 83,3%. Ketuntasan belajar juga terjadi peningkatan yaitu sebelum tindakan 52%, pada siklus I menjadi 76,3%, siklus II meningkat menjadi 81,5% dan siklus III 92,1%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Student team achievent division, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/555 |
Actions (login required)
View Item |