HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PANGAN HALAL TERHADAP SIKAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Musdyaningwati, Tati, G2D012005 (2016) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PANGAN HALAL TERHADAP SIKAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG. Skripsi.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT 1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pangan halal adalah makanan yang disajikan untuk dikonsumsi atau terkait dengan ketentuan–ketentuan yang melarangnya. Dengan berkembangnya proses rekayasa genetika dan iradiasi pangan mengharuskan para konsumen untuk lebih kritis dalam mengambil keputusan sebelum membeli produk pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan pangan halal terhadap sikap keputusan pembelian produk halal dengan populasi sampel Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang. Menggunakan dua variabel penelitian yaitu variabel independen tingkat pengetahuan pangan halal dan dependen sikap keputusan pembelian produk halal. Desain dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan cross sectional. Alat bantu menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan dua tahapan yaitu univariat dan bivariat (Regresi Linier Sederhana). Hasil penelitian diketahui indeks pengetahuan mahasiswa tentang pangan halal adalah 1407 memiliki arti cukup dan nilai indeks sikap yang positif yaitu 2,40. Berdasarkan hasil uji Regresi Linier Sederhana menunjukan nilai korelasi (r) 3,20 yang artinya hubungan antara pengetahuan dengan sikap adalah cukup dengan nilai ρ value 0,001<0,05. Kesimpulan adanya pengeruh hubungan bernilai positif antara pengetahuan dan sikap dengan pola diagram naik keatas kanan. kata kunci : Pengetahuan,pangan halal dan sikap.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Food Technology
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2016 06:33
Last Modified: 27 Oct 2016 02:29
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item