PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA

NISSA, ULFATU ROHMAH (2022) PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
7. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
15. FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unimus.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran kimia efektif dapat tercapai dengan perecanaan pembelajaran yang sesuai, meliputi pemilihan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran belum maksimal dan guru merasa kesulitan dalam penilaian, hal tersebut mengakibatkan kurangnya keaktifan dan keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan asesmen berbasis keterampilan proses sain melalui discovery learning pada pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk asesmen berbasis keterampilan proses sains dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model Borg and Gall dengan tahapan, meliputi pengumpulan data, perencenaan, pengembangan produk, validasi dan uji coba terbatas (1 dan 2), dan revisi hasil uji coba. Produk asesmen divalidasi oleh 3 ahli. Subjek uji coba terbatas yaitu 10 peserta didik dan seorang guru. Uji coba terbatas 2 melibatkan 60 peserta didik. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Produk asesmen berbasis keterampilan proses sains memperoleh persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 97,71%, 96,43% dari ahli asesmen, dan 86,67% kelayakan dari ahli bahasa. Hasil uji coba terbatas produk menerima kelayakan sebesar 88,06% dari pendidik, serta kelayakan sebesar 88,8% dari peserta didik. Hasil uji coba lapangan pada 60 peserta didik, diketahui produk asesmen memiliki validitas dan reliabilitas tinggi, memiliki tingkat kesukaran beragam, daya beda yang sangat baik, dan keefektifan yang tinggi. Berdasarkan hasil demikian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan asesmen berbasis KPS ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia. Kata kunci : Asesmen autentik, Keterampilan proses sains, Kimia, Discovery learning

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 011/PendidikanKimia/X/2022
Subjects: L Education > Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5913

Actions (login required)

View Item View Item