PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SATUAN UKURAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS KELAS V

Stepvani Iqbal, Kurnia Setia Budi (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SATUAN UKURAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS KELAS V. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unimus.ac.id

Abstract

ABSTRAK Budi. S. I. K. S. 2022. Pengembangan Video Animasi Dua Dimensi Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Satuan Ukuran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Kelas V. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I. Abdul Aziz, S.Pd.,M.Pd, II. Martyana Prihaswati,S.Si.,M.Pd. Kata Kunci : Video Animasi Dua Dimensi, Konstruktivisme, Kecerdasan Logis Matematis Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kecilnya nilai hasil belajar siswa yang diakibatkan oleh tidak adanya media pembelajaran di SD Negeri Polaman Kelas V yang dapat bekerja dengan siswa dalam pembelajaran, yang mengakibatkan pembelajaran monoton dan membosankan yang membuat siswa tidak tertarik dalam memahami materi, terutama pada materi satuan ukuran, siswa juga tidak terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung sehingga kemampuan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika khususnya materi satuan ukuran tergolong rendah dilihat dari kemampuan siswa dalam mengerjakan soal materi satuan ukuran yang telah dipelajari. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang dapat membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran matematika khususnya materi satuan ukuran. Bahan ajar tersebut berupa Video Animasi Dua Dimensi Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Satuan Ukuran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Kelas V. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan dari video animasi dua dimensi Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Satuan Ukuran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Polaman dengan jumlah sebanyak 7 siswa untuk uji coba terbatas dan 20 siswa untuk uji coba lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian oleh angket validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini uji validasi ahli media sebesar 3,7 dengan kriteria sangat valid dan uji validasi ahli materi sebesar 3,73 dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil respon siswa sebesar 86% dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu Pengembangan Video Animasi Dua Dimensi Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Satuan Ukuran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Kelas V sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan harapan siswa dapat mengebangkan pemahaman materi yang telah diterimanya. Saran untuk pemanfaat dan pengembang lebih lanjut yaitu media dapat dikembangkan lagi dari segi materi dan soal – soal latihannya. ABSTRACT Budi. S. I. K. S. 2022. Development of Two-Dimensional Animated Video Based on Constructivism Approach on Unit of Measure Material to Improve Mathematical Logical Intelligence for Class V. Thesis. Mathematics Education Study Program. Muhammadiyah University of Semarang. Supervisor I. Abdul Aziz, S.Pd., M.Pd, II. Martyana Prihaswati, S.Si., M.Pd. Keywords: Two Dimensional Animation Video, Constructivism, Mathematical Logical Intelligence This development research is motivated by the small value of student learning outcomes caused by the absence of learning media at SD Negeri Polaman Class V that can work with students in learning, which results in monotonous and boring learning that makes students not interested in understanding the material, especially in the material. unit of measure, students are also not actively involved during the learning process so that the ability of students' understanding of mathematics learning, especially the unit of measure material is relatively low seen from the ability of students to work on the unit of measure material that has been studied. Therefore, teaching materials are needed that can make students interested in learning mathematics, especially the unit of measure material. The teaching materials are in the form of two-dimensional animation videos based on the constructivism approach to the unit of measure material to improve mathematical logical intelligence for class V. The purpose of this study is to determine the validity and practicality of developing two-dimensional animation videos based on constructivism in unit of measure material to improve class mathematical logical intelligence. V. This research is a development research using the ADDIE model with the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The test subjects in this study were fifth grade students of SD Negeri Polaman with a total of 7 students for the limited trial and 20 students for the field trial. Methods of data collection is done by questionnaires, observation, and documentation. The instrument in this study used an assessment sheet by expert validation questionnaires and student response questionnaires. The results obtained in this study were media expert validation tests of 3.7 with very valid criteria and material expert validation tests of 3.73 with very valid criteria, while the results of student responses were 86% with very practical criteria. The conclusion of this research is that the Development of Two-Dimensional Animated Videos Based on the Constructivism Approach on Unit of Measure Materials to Improve Mathematical Logical Intelligence for Class V is very valid and very practical to use, hoping that students can develop understanding of the material they have received. Suggestions for further users and developers are that the media can be further developed in terms of material and practice questions.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 027/PendidikanMatematika/X/2022
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item View Item