PENERAPAN HIPOTERAPI DAN MUSIK RELAKSASI PADA ASUHAN KEPERAWATAN NYERI PADA PASIEN PASSCABEDAH ORTOPEDI DIRUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG

SYAHRONI,REGINA MAHARANI PUTRI, G0A014020 (2017) PENERAPAN HIPOTERAPI DAN MUSIK RELAKSASI PADA ASUHAN KEPERAWATAN NYERI PADA PASIEN PASSCABEDAH ORTOPEDI DIRUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TINJAUAN TEORI.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV TINJAUAN KASUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN DAN SIMPULAN.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Nyeri pascabedah sering menjadi masalah bagi pasien, sehingga perlu dilakukan intervensi keperawatan untuk menurunkan nyeri tersebut. Salah satu bentuk intervensi tersebut adalah hipnoterapi dan musik relaksasi. Tujuan dari penerapan ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh teknik hypnoterapi dan music relaksasi terhadap proses penurunan skala nyeri pada passion pasca bedah ortopedi. Penerapan ini menggunakan study kasus Case Study. Dimana penulis menggunakan subjekdengan dua orang pasien laki-laki yang dirawat dengan nyeri pascabedah ortopedi diruang Ayub 2 Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang yang mengalami masalah nyeri yang diberikan perawatan non farmakologi selama 3 hari, metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pemeriksaan fisik dan pendokumentasian. Metode analisa deskriptif dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudah dilakukan teknik nonfarmakologi hypnoterapi dan music relaksasi dengan alat ukur yaitu skala nyeri numberik. Setelah dilakukan penerapan menggunakan teknik hypnoterapi dan music relaksasi selama 3 hari. Didapatkan hasil adanya penurunan skala nyeri dan pasien dapat mengontrol skala nyerinya. Dapat disimpulan dari penerapan ini adalah proses penurunan skala nyeri pasien pasca bedah ortopedi lebih signifikan dengan menggunakan teknik hypnoterapi dan music relaksasi. Kata kunci : Nyeri pasca bedah , Hypnoterapi, Music Relaksasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > D3 Nursing
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:38
Last Modified: 19 Oct 2017 03:36
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item