PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN PERAWATAN RAMBUT TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KEBERSIHAN RAMBUT PADA SISWA KELAS 5 MI MIFTAHUL ULUM 02 ROWOSARI SEMARANG

SETIADI, DODI, G2A009041 (2017) PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN PERAWATAN RAMBUT TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KEBERSIHAN RAMBUT PADA SISWA KELAS 5 MI MIFTAHUL ULUM 02 ROWOSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Perawatan rambut bagi orang dewasa merupakan bagian penting dari penampilan sehingga dapat dilakukan dengan baik, namun akan berbeda jika perawatan rambut dilakukan oleh anak usia sekolah. Perawatan rambut yang tidak baik dapat menyebabkan beberapa penyakit, dan salah satunya yang sering dijumpai pada anak- anak usia 3-12 tahun berkaitan dengan kesehatan rambut dan kulit kepala yaitu pediculosis capitis atau kutu kepala. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan perawatan rambut terhadap pengetahuan, sikap, dan kebersihan rambut pada anak MI Miftahul Ulum 02 Rowosari. Jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test post-test with control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 MI Miftahul Ulum 02 Rowosari yang berjumlah 39 siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa ada perbedaan pengetahuan pada siswa kelas 5 MI Mifthul Ulum 02 Rowosari tentang perawatan rambut setelah diberikan penyuluhan kesehatan. Ada perbedaan sikap pada siswa kelas 5 MI Mifthul Ulum 02 Rowosari tentang perawatan rambut setelah diberikan penyuluhan kesehatan. Ada perbedaan kebersihan pada siswa kelas 5 MI Mifthul Ulum 02 Rowosari tentang perawatan rambut setelah diberikan penyuluhan kesehatan. Berdasarkan hasil tersebut maka puskesmas hendaknya dapat memberikan penyuluhan kesehatan mengenai perawatan personal hygiene maupun berbagai penyakit terutama yang timbul akibat rambut kotor. Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Kebersihan Rambut, Penyuluhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:01
Last Modified: 06 Nov 2017 03:01
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item