SHAFIRATUNNISA, KHALEDA, J2A013003 (2017) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KLINIK BRIMEDIKA SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (879kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
||
|
Text
8. BAB V.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (811kB) | Preview |
Abstract
Pendahuluan: Kualitas pelayanan adalah bentuk pengukuran terhadap nilai layanan yang diterima oleh konsumen, dan kepuasan adalah perbandingan antara persepsinya terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya. Tingkat kepuasan pasien dapat dilihat dari kualitas pelayanan kesehatan. Survei awal menunjukkanenam dari sepuluh pasien masih mengeluhkan komunikasi dan perhatian yang diberikan petugas belum maksimal. Tujuan Penelitian:Mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien di Klinik Brimedika Semarang. Metode Penelitian: Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 50 responden, dari bulan April-Mei 2017. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner terdiri dari 22 item pertanyaan terstruktur berdasarkan dimensi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.Analisis data menggunakan uji Spearman Rho Correlation dengan signifikansi 95%. Hasil Penelitian:Nilai korelasi dimensi bukti fisik yaitu 0,479, dimensi kehandalan 0,728, daya tanggap 0,808, jaminan 0,479, dan empati 0,645 dengan nilai signifikansi p=0,00. Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara keseluruhan dimensi kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien di Klinik Brimedika Semarang. Dimensidengan tingkat korelasi sangat kuat adalah dimensi daya tanggap. Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan pasien, klinik
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 12/FKG/X/2017 |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Faculty of Dentistry > S1 Dentistry |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 08:12 |
Last Modified: | 06 Feb 2018 04:37 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1331 |
Actions (login required)
View Item |