PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA N 11 SEMARANG

Irawati, Novia, B2B013011 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA N 11 SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah, keaktifan dan motivasi siswa kelas X materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) SMA N 11 Semarang serta terbatasnya bahan ajar yang digunakan sebagai sumber belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan LKS dengan pendekatan open ended pada materi SPLTV kelas X. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS dengan pendekatan open ended yang valid untuk mengetahui keefektifan dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan metode pengembangan FOUR-D dengan tahapan define, design dan develop dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA N 11 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Sampel terdiri dari kelas X IPA 5 sebagai kelas uji coba, kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui kefektifan pembelajaran adalah uji ketuntasan individual dan klasikal, uji pengaruh, uji beda rata-rata dan uji indeks gain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, angket motivasi untuk mengetahui motivasi siswa, angket validasi ahli untuk penilaian LKS yang dikembangkan dan tes evaluasi untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menghasilkan LKS materi SPLTV dengan pendekatan open ended untuk SMA kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validasi ahli LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor nilai 85,2%. Hasil uji ketuntasan menunjukkan 32 dari 36 siswa mencapai ketuntasan secara individu dan ketuntasan secara klasikal sebesar 88,89%. Hasil uji pengaruh menunjukkan adanya keaktifan dan motivasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 87,1%. Hasil uji beda juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang menerapkan LKS dengan pendekatan open ended dengan nilai rata-rata 83,11 dan kelas yang menerapkan LKS yang disediakan oleh sekolah dengan nilai rata-rata 79,44. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,7 dengan kriteria sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS materi SPLTV dengan pendekatan open ended valid dan pembelajaran efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Open Ended, Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 09/MATEMATIKA/X/2017
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item