IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KIMIA DI MA MIR’ATUL MUSLIMIEN

Anti, Ria Hadri., B2C014010 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KIMIA DI MA MIR’ATUL MUSLIMIEN. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, berpikir positif, pelajaran kimia Kelas XII merupakan jenjang kelas terakhir di jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Sebelum siswa mendapatkan predikat lulus dari sekolah, siswa diharuskan mengikuti berbagai ujian untuk menyelesaikan studynya. Tak jarang adanya banyak untutan dalam berbagai ujian membuat siswa merasa pesimis dan tidak percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki dan berujung pada pola pikir negatif. Penelitian ni bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran ikuiri erbimbing terhadap kemampuan berpikir positif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan times series design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data wawancara, observasi, dan kuisioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA di MA Mir’atul Muslimien. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ni adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai variabel bebas dan berpikir positif siswa kelas XII IPA di MA Mir’atul Muslimien sebagai variabel terikat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing erhadap kemampuan berpikir siswa dengan perolehan data rata-rata effect size >80%.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 007/Kimia/X/2018
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item