Setiawan, Komang, G1C217303 (2018) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN LABORATORIUM TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI LABORATORIUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. H. SOEWONDO KENDAL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
Manuscript Rev.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (904kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - Copy.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) | Request a copy |
||
|
Text
6. BAB V.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (936kB) | Preview |
Abstract
Taraf hidup masyarakat yang semakin meningkat menyebabkan tuntutan masyarakat terhadap kualitas kesehatan juga semakin meningkat. Hal ini tentu menuntut penyedia layanan jasa kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat. Peningkatan mutu pelayanan yang baik dapat menimbulkan suatu kepuasan terhadap pasien dan berkemungkinan besar akan menarik pasien baru. Pasien yang telah terpuaskan pada suatu produk jasa memiliki kecenderungan akan menggunakan kembali atau melakukan pembelian lebih dari sekali terhadap produk jasa yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan laboratorium terhadap loyalitas pasien rawat jalan di Instalasi Laboratorium RSUD dr. H. Soewondo Kendal. Sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 124 responden yang telah berkunjung lebih dari satu kali ke Instalasi Laboratorium RSUD dr. H. Soewondo Kendal. Metode uji analisis yang digunakan adalah uji Kendall’s tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan memiliki hubungan yang positif (0,394) dengan kekuatan korelasi terkategori cukup (>0,25–0,5) terhadap loyalitas pasien. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Uji statistik Kendall’s tau menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga dapat dinyatakan ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan laboratorium dengan loyalitas pasien. Kata kunci : mutu pelayanan, loyalitas pasien.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 071/D4.Ana/1/2019 |
Contributors Thesis: | 1. Dr. Tri Hartiti, S.KM., M.Kep 2. Umi Amalia, S.E., M.Kom. |
Subjects: | R Medicine > Health Analyst |
Divisions: | Faculty of Nursing and Health > D4 Health Analyst |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3074 |
Actions (login required)
View Item |