PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ROEMANI SEMARANG

Handayani, Septin, G2A217085 (2019) PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ROEMANI SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img] Text
22. FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mutu pelayanan rumah sakit dipersepsikan baik dapat diukur dengan menggunakan persepsi pelanggan, dalam hal ini persepsi pelayanan yang diterima. Masyarakat sebagai pengguna jasa layanan kesehatan mengharapkan pelayanan kesehatan yang optimal dengan kualitas pelayanan yang semakin tinggi harus mempertimbangkan perilaku konsumen dalam perencanaan produk dan jasa dirumah sakit. Persepsi pasien sangat dibutuhkan dalam pelayanan yang berkualitas dirumah sakit. Peneliti tertarik mengangkat fenomena ini karena banyaknya tuntutan dan kepuasan oleh pasien yang tinggi kususnya dari segi asuhan keperawatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan diruang rawat inap Rumah Sakit Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey, yang dilakukan pada bulan Febuari 2019 diruang rawat inap Sulaiman Rumah Sakit Roemani Semarang, dengan Total Sampling yaitu 40 responden. Hasil uji statistik dengan analisa univariat terlihat kategori mutu pelayanan keperawatan dengan kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati dan ketanggapan berpersepsi baik yaitu 40 responden dengan 100 %, walaupun masih ada beberapa yang berpersepsi negative tehadap mutu pelayanan keperawatan diruang rawat inap Sulaiman Rumah Sakit Semarang. Rekomendasi dari hasil penelitian ini diharapkan kebutuhan dan kenyamanan pasien agar tetap dipertahankan dan diperhatikan untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan keperawatan bagi responden dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan semakin baik. Senantiasa melakukan perbaikan secara terus menerus untuk meminimalisir keluhan keluhan dari pasien sehingga terjalin simbiosis muatalisme antara perawat dan pasien. Kata Kunci: persepsi pasien, mutu pelayanan keperawatan Daftar pustaka : 60 (2002 – 2018)

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 158/S1.Kep/XII/2019
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item