Pebriani, Dewi, B2B017030 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME PENCARIAN HARTA KARUN MATERI TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
1. COVER ATAU HALAMAN AWAL.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (726kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
17. BAB V.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) | Preview |
|
Text
19. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
ARRTIKEL DEWI PEBRIANI PDF.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Game Pencarian Harta Karun, Trigonometri, Pendekatan Konstektual Perkembangan teknologi yang pesat dapat dimanfaatkan dalam pembuatan media pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahya hasil belajar peserta didik pada materi trigonometri yang disebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik, guru yang belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dan pada materi perbandingan trigonometri peserta didik merasa kesulitan jika dihadapkan dengan soal kontekstual. Solusi yang ditawarkan yaitu pengembangan game pencarian harta karun materi trigonometri dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari game pencarian harta karun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dibatasi menjadi 3D yaitu Define, Design, dan Develop. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah X MIPA SMAN 15 Semarang dengan jumlah sebanyak 15 peserta didik untuk uji coba terbatas dan 36 peserta didik untuk uji coba lapangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian validasi ahli dan angket respon. Hasil pada penelitian ini yaitu uji validasi ahli media sebesar 4,5 dengan kriteria valid dan uji validasi ahli materi sebesar 4,7 dengan kriteria valid, sedangkan hasil dari respon peserta didik sebesar 3,6 dengan kriteria sangat praktis dan hasil respon guru sebesar 4,0 dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu game pencarian harta karun materi trigonometri dengan pendekatan kontekstual sebagai media pembelajaran valid dan sangat praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 001/P.Matematika/VI/2021 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4650 |
Actions (login required)
View Item |