PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID CIRCLE SHOOT MATERI LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI

PRASTYAWATI, REFIANA DEWI EKA, B2B016009 (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID CIRCLE SHOOT MATERI LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
1. SAMPUL DAN LEMBAR JUDUL.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKAN.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V PENUTUP.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
19. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan, Circle Shoot, Konstruktivisme Proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dalam pengajarannya dan materi yang bersifat abstrak serta ditambahnya penggunaan media pembelajaran yang minimalis akan membuat materi cenderung sulit difahami dan diterima oleh peserta didik sehingga peserta didik kurang termotivasi dan aktif dalam proses belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan fleksibel. Peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi android Circle Shoot materi lingkaran dengan pendekatan konstruktivisme bagi peserta didik kelas XI. Aplikasi tersebut berisi materi, latihan soal, dan evaluasi berbentuk game yang sudah disesuaikan dengan kurikulum saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kevalidan media pembelajaran Circle Shoot materi lingkaran dengan pendekatan konstrutivisme dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran Circle Shoot materi lingkaran dengan pendekatan konstrutivisme. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 10 peserta didik kelas XI IPA 3 dan uji coba kelompok besar 36 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 15 Semarang. Teknik pengambilan sampel yaitu convinience sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi oleh 5 ahli materi memperoleh skor 4,51 dengan kriteria sangat valid dan validasi media oleh 5 orang ahli media memperoleh skor 4,15 dengan kriteria valid; hasil respons siswa diperoleh skor rata – rata 3,19 dengan kriteria praktis dan respons guru diperoleh skor rata – rata 3,78 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran circle shoot valid dan sangat praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 009/P.Matematika/VI/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item View Item