PRABOWO, HERU (2020) PENERAPAN TEKNIK MENGHARDIK TERHADAP GEJALA HALUSINASI PENDENGARAN PADA PASIEN GANGGUAN JIWA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
Text (manuskrip kian.pdf)
MANUSKRIPT.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Kesehatan jiwa adalah bagian internal dari upaya kesehatan yang bertujuan menciptakan perkembangan jiwa yang sehat secara optimal baik intelektual maupun emosional (Kusumawati dan hartono, 2016).Berdasarkanlatarbelakangtersebutdiataspenelititertarikuntukmelakukanpenelitian “Bagaimanapengaruhmenghardikterhadappenurunanataukekambuhanhalusinasipendengaran ? Metode :Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode desain karya tulisilmiah dalam bentuk studi kasus. Studi kasus ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, implementasi dan evaluasi keperawatan. Hasil : Setelah dilakukan intervensi strategi pelaksanaan pasien dan keluargaselama 3 hari dalam waktu ± 30 menit, didapatkan pengurangan gejala pasien mengalami halusinasi berulang, di tunjukkan dengan tabel evaluasiperubahan gejala halusinasiselamatigahari. Sehingga pasien dapat menjalani kehidupannya seperti orang lain. Simpulan : Bahwa tindakan menghardik memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap perubahan gejala halusinasi pada pasien di RSJD Dr. Amino gondohutomo semarang. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan mandiri perawat yang terintegrasi dalam asuhan keperawatan, salah satunya yaitu tindakan menghardik, sangat perlu dipertahankan. Kata Kunci : Teknik Menghardik : Gejala Halusinasi
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Faculty of Nursing and Health > Professional Nurses | ||||||||
Depositing User: | perpus unimus | ||||||||
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5652 |
Actions (login required)
View Item |