Arneta Sabella, Kusumaningrum (2022) Proyek Ecoprint Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sains dan Wirausaha bidang kimia SMA/MA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (780kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (830kB) | Preview |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran Kimia banyak membahas konsep yang cukup sulit untuk dipahami oleh siswa. Hal ini akan membuat siswa kesulitan belajar yang berakibat menurunnya motivasi belajar. Kurangnya pembelajaran kontekstual juga mendasari permasalahan ini. Hal ini akan berdampak pula pada motivasi wirausaha siswa yang menjadi rendah. Salah satu aktivitas yang perlu dilakukan yaitu dengan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh proyek ecoprint berbasis STEM terhadap motivasi belajar sains dan wirausaha bidang kimia SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental. Penelitian ini dilakukan pada bulan Febuari sampai Juli dengan subyek penelitan siswa kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6. Penelitian ini menggunakan triangulasi data (kuisioner,wawancara,observasi,dan dokumentasi). Hasil yang diperoleh terdapat perbedaan hasil posttest motivasi belajar sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 75,08 dari skala 100, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 50,08 dari skala 100. Perbedaaan yang signifikan ini mengindikasi bahwa penerapan proyek ecoprint berbasis STEM dapat memberikan pengaruh dalam motivasi belajar sains. Sedangkan pada motivasi wirausaha mendapatkan hasil hasil posttest motivasi wirausaha antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 59,14 dari skala 72, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 43,68 dari skala 72. Perbedaaan yang signifikan ini mengindikasi bahwa penerapan proyek ecoprint berbasis STEM dapat memberikan pengaruh dalam motivasi wirausaha Kata Kunci : Pembelajaran Kimia, Motivasi Belajar Sains, Motivasi Wirausaha, Proyek Ecoprint, STEM
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||||||
Call Number: | 005/PendidikanKimia/X/2022 | ||||||||||||||||
Subjects: | L Education > Chemistry | ||||||||||||||||
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry | ||||||||||||||||
Depositing User: | perpus unimus | ||||||||||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2022 01:27 | ||||||||||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2022 01:27 | ||||||||||||||||
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5871 |
Actions (login required)
View Item |