GALUH, ETHA PRATIWI (2023) LEXICON SENTIMENT iTERHADAP BRAND AMBASSADOR ARTIS KOREA SELATAN PADA PRODUK INDONESIA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
1. Halaman Depan.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK_ABSTRACT.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (687kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (930kB) | Request a copy |
||
|
Text
15. BAB V.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (499kB) | Preview |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) | Request a copy |
||
Text
FULL TEXT SKRIPSI_GALUH ETHA PRATIWI B2A221019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Galuh Etha Pratiwi, 2023. Lexicon Sentiment Terhadap Brand Ambassador Artis Korea Selatan Pada Produk Indonesia. Skripsi, Program Studi Statistika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I: Tiani Wahyu Utami, M.Si., Pembimbing II. Dr. Rochdi Wasono, M.Si. Penggunaan artis Korea Selatan sebagai brand ambassador untuk produk Indonesia merupakan salah satu cara yang dilakukan e-commerce dan perusahaan lokal untuk menarik konsumen. Namun, hal tersebut menuai tanggapan positif dan negatif dari masyarakat. Media sosial yang digunakan untuk mengeluarkan pendapat mengenai hal tersebut yaitu Twitter. Penelitian ini melakukan analisis sentimen dari tweet atau cuitan pada Twitter mengenai topik tersebut. Metode yang digunakan yaitu lexicon sentiment. Lexicon sentiment bekerja dengan cara membuat kamus kata opini terlebih dahulu dan mencocokkan dengan kata sentimen yang terdapat pada kamus lexicon. Kamus lexicon yang digunakan yaitu InSet Lexicon. InSet Lexicon terdiri dari 6.609 kata negatif dan 3.609 positif dengan skala -5 sampai 5. Kamus ini tidak hanya berisi kata-kata baku, namun juga berisi kata-kata yang tidak baku. Klasifikasi sentimen dibagi menjadi 2 yaitu, positif dan negatif. Pengumpulan data menggunakan Twitter API dengan kata kunci “BA Artis Korea” sebanyak 366 data tweet. Tahap penelitian terdiri dari pengumpulan data, text preprocessing, lexicon sentiment, visualisasi, dan pengujian. Hasil dari klasifikasi dengan metode lexicon diperoleh 67,1% positif dan 32,9% negatif. Diperoleh bahwa penggunaan artis Korea Selatan menjadi brand ambassador produk Indonesia mendapatkan sentimen positif. Nilai akurasi, presisi, dan recall yang didapatkan dengan melihat tabel confusion matrix yaitu akurasi 78%, presisi 68%, dan recall 61%. Kata Kunci: Brand Ambassador, Lexicon, Sentimen, Twitter ABSTRACT Galuh Etha Pratiwi, 2023. Lexicon Sentiment Towards Brand Ambassador of South Korean Artists on Indonesian Product, Thesis, Undergraduate Statistic Study Program, University of Muhammdiyah Semarang. Supervisor: I. Tiani Wahyu Utami, M.Si.,Supervisor II. Dr. Rochdi Wasono, M.Si. The use of South Korean artists as brand ambassadors for Indonesian products is one way that e-commerce and local companies do to attract consumers. However, it reaped positive and negative responses from the public. The social media used to issue opinions regarding this matter is Twitter. This study conducts sentiment analysis from tweets or tweets on Twitter regarding this topic. The method used is lexicon sentiment. The sentiment lexicon works by first making a dictionary of opinion words and matching them with the sentiment words contained in the lexicon dictionary. The lexicon dictionary used is InSet Lexicon. The InSet Lexicon consists of 6,609 negative and 3,609 positive words on a scale of -5 to 5. This dictionary contains not only standard words, but also non-standard words. Sentiment classification is divided into 2 namely, positive and negative. Data collection uses the Twitter API with the keyword "BA Artis Korea" as many as 366 data tweets. The research phase consists of data collection, text preprocessing, lexicon sentiment, visualization, and testing. The results of the classification using the lexicon method obtained 67.1% positive and 32.9% negative. It was found that the use of South Korean artists to become brand ambassadors for Indonesian products received positive sentiment. Accuracy, precision, and recall values obtained by looking at the confusion matrix table are 78% accuracy, 68% precision, and 61% recall. Keywords: Brand Ambassador, Lexicon, Sentimen, Twitter
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 011/Statistika/VII/2023 |
Subjects: | L Education > Statistics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Statistics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:47 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:47 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/7122 |
Actions (login required)
View Item |